Jumat, 11 Mei 2012

Pemerintah Ingin Mengembangkan Ekonomi Berbasis Kerakyatan

Pemkot Dorong Pengembangan IKM
PEKALONGAN - persaingan usaha yang cukup ketat baik lokal maupun mancanegara, membuat pemerintah Kota pekalongan melalui Dinas perindustrian, perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kota Pekalongan mendorong pengembangan industri kecil menengah (IKM) agar berdaya saing. Salah satu upaya yang dilakukan, yakni menfasilitasi peningkatan kualitas produk, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemasaran.
Photo Antara

Pemerintah ingin mengembangkan ekonomi berbasis kerakyatan dengan cara mengangkat potensi lokal. Potensi usaha lokal yang dapat dikembangkan di Kota Pekalongan di antaranya yakni batik, ikan dan tenun,” kata Kabid Perindustrian Disperindagkop dan UMKM Kota Pekalongan Bambang suharyanto, kemarin(3/5). Ia mengatakan, agar potensi usaha berdaya saing dalam dunia usaha, dibutuhkan kreativitas dan inovasi perajin serta motivasi atau dorongan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat.


Menfasilitasi
Untuk Kota Pekalongan, pemerintah daerah melakukan dorong dengan cara peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas produk melalui fasilitas pelatihan. Selain itu, pemerintah daerah juga membantu memasarkan produk perajin dengan cara menfasilitasi pameran, baik yang diadakan di lokal maupun luar kota.

Dicontohkan, pada 25 hingga 29 April 2012 lalu Pemerintah menfasilitasi IKM pada ajang pameran Inacraft. Total fasilitas biaya yang di anggarkan mencapai sekitar Rp 35 juta, digunakan untuk biaya stan, transportasi dan dekorasi. “Alhasil, upaya tersebut cukup membuahkan hasil. Nilai trasaksi yang tercatat dari tiga IKM yang difasilitasi pada pameran Inacraft mencapai sekitar Rp150 juta termasuk transaksi tunai dan pesanan,”ujarnya.

Ia menambahkan,dengan adanya fasilitas dari pemerintah,beban berat IKM terasa menjadi lebih ringan. Tidak berhenti di situ saja, direncanakan Pemerintah Daerah ke depan juga akan menfasilitasi IKM kembali, yakni dalam acara pameran di surabaya pada 9 hingga 13 Mei 2012 mendatang (H79-49)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 04-05-2012)

Tidak ada komentar: