Selasa, 12 Februari 2013

Berharap Revitalisasi Museum Batik

Museum Batik Pekalongan Butuh Tempat Lebih Luas

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Museum Batik Pekalongan memerlukan bangunan yang lebih luas untuk menampilkan lebih dari seribu koleksi kain batiknya yang ada saat ini.

Dengan gedung seluas sekitar 600 m2 saat ini dirasakan masih kurang khususnya untuk ruang pamer yang saat ini baru tiga buah, laborat untuk konservasi serta halaman lebih luas untuk tanaman pewarna alam dan penjemuran koleksi.

Kepala UPTD Museum Batik Tanti Lusiani mengungkapkan, saat ini memang belum semua koleksi bisa didisplai dan baru empat bulan sekali akan diganti. Meski telah dilakukan revitalisasi dengan tampilan lebih moderen, tetapi kebutuhan gedung ini dirasakan mutlak diperlukan.

"Sebenarnya kami pernah usul ke provinsi supaya gedung bakorwil 3 yang lokasinya di depan museum bisa dimanfaatkan karena halamannya luas dan ruangannya banyak," papar Tanti, kemarin.

Saat ini terdapat 1.176 koleksi batik campuran dari kontemporer, mancanegara, nusantara, pedalaman, pesisiran termasuk juga non kain batik. Diharapkan dengan revitalisasi yang dilakukan jumlah pengunjung yang tahun lalu mencapai 14.474 bisa meningkat antara 15%-20% sampai akhir tahun 2013 ini.
( Modesta Fiska / CN34 / JBSM )
sumber

Tidak ada komentar: