Senin, 04 Februari 2013

Pembangunan Kompleks Workshop

Gedung BLK Dibangun Dua Tahap 

PEKALONGAN – Pembangunan kompleks workshop Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) di kawasan Pekalongan Batik Teknopolitan di lahan bekas makam china (bong) Kelurahan Kuripan Lor, Kecamatan Pekalongan Selatan, segera dimulai. Rencananya, pembangunan gedung tersebut akan berlangsung dua tahap. Menurut Kepala Dinsosnakertrans Kota Pekalongan Budiyanto, saat ini sudah dalam proses lelang. “Diperkirakan, pembangunannya akan dimulai pada April mendatang,” terang dia, (3/2).

Dijelaskan dia, dalam dua tahap itu pembangunannya dimulai dengan gedung workshop I selanjutnya workshop II. Dengan demikian, proses relokasi tidak seketika melainkan juga berlangsung dua tahap. Pada pembangunan yang tahap I, meliputi ruang enam keahlian yakni teknisi handphone, mesin bubut, walding/las, wekel/rewending mesin listrik, otomotif mobil dan motor. Menelan anggarannya Rp 2,3 Miliar.

Sementara, pembangunan tahap II untuk teknisi komputer, tata rias, meubelair dan tata boga. Hanya saja belum bisa diketahui nilai anggaran pembangunannya. “Dialokasikan pada tahun anggaran 2012,” sambungnya. Pembangunan gedung BLK adalah salah satu bagian dari pembangunan kompleks Pekalongan Batik Teknopolitan. Pekalongan Batik Teknopolitan merupakan kawasan terpadu yang mengintegrasikan pelatihan dan showroom produk unggulan Kota Pekalongan. berdasarkan rencana induk (masterplan) penataan kawasan di lahan bekas bong Kuripan Lor itu, selain kompleks workshop BLK Dinsosnakertrans, di kawasan seluas 15 hektare itu nantinya juga akan dibangun kompleks sentral batik, kompleks Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan kompleks pasar. (K30-90)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 04-02-2013)

 

Tidak ada komentar: