Jumat, 01 Februari 2013

Pemkot Dapat Bantuan Alat Komunikasi Anti Sadap

Pemkot Terima 31 HP Anti Sadap

PEMKOT – Untuk menjaga kerahasiaan informasi di lingkungan Pemkot Pekalongan, Lembaga Sandi Negara memfasilitasi para pejabat di lingkungan Pemkot Pekalongan dengan alat komunikasi anti penyadapan. Tercatat sebanyak 31 handphone dengan aplikasi “iSEC-HT” diserahkan kepada pejabat di lingkungan Pemkot Pekalongan.

Handphone anti sadap tersebut diserahkan langsung oleh Kasi Pengembangan SDM, Subdit Pembinaan SDM, Direktorat Pembinaan Persandian, Deputi I Lembaga Sandi Negara, Lukmannul Hakim kepada Sekda Kota Pekalongan, Drs Dwi Arie Putranto MSi di ruang Kalijaga Setda Kota Pekalongan, Rabu (30/1).

Handphone yang diserahkan tersebut, diperuntukkan bagi Walikota, Wakil Walikota, sekda serta kepala Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) dan pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Lukman menerangkan bahwa dalam handphone yang berstatus pinjam pakai tersebut (bukan hak milik), disematkan software pengaman untuk mengantisipasi penyadapan. “Handphone ini untuk mengamankan jalur komunikasi dari walikota ke sekda, dari sekda ke jajaran kepala SKPD di lingkungan Pemkot Pekalongan,” terang Lukman.

Menurut dia, aktivitas yang lebih besar mengundang berbagai kerawanan dan ancaman yang semakin lebar. Sehingga perlu perlindungan yang lebih aman. Alat komunikasi “iSec-HT” tersebut merupakan kesiapan untuk mengantisipasi kemungkinan penyadapan informasi oleh pihak luar.

Dikatakan Lukman, alat tersebut fungsinya tidak jauh dengan radio komunikasi Handy Talky (HT). Tetapi dapat juga digunakan seperti handpone biasa. “Alat ini dilengkapi aplikasi bernama iSec-HT juga bisa digunakan seperti handpone biasanya,” katanya.

Sementara itu, Sekda menjelaskan, pada tahun anggaran 2012, Pemkot Pekalongan mendapat bantuan alat komunikasi anti sadap dari Lembaga Sandi Negara. Bantuan alat komunikasi anti sadap tersebut baru diserahkan Lembaga Sandi Negara ke Pemkot Pekalongan, pada tahun ini.

“Handphone ini sebagai alat komunikasi internal di kalangan pejabat di lingkungan Pemkot Pekalongan. Dengan adanya handphone ini, diharapkan bisa lebih memudahkan koordinasi di antara pejabat di lingkungan Pemkot Pekalongan,” terang Sekda. (ap16)

 

Tidak ada komentar: