Senin, 04 Februari 2013

Pertengahan Februari Raskin Pertama 2013 Akan Dibagikan Kepada Warga

Raskin Disalurkan Pertengahan Februari 

PEKALONGAN – Beras untuk masyarakat miskin (raskin) pertama tahun 2013 diperkirakan baru akan didistribusikan kepada warga penerima manfaat pada pertengahan Februari mendatang. Pasalnya, hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan belum menerima petunjuk pelaksanaan penyaluran raskin tahun 2013 dari Gubernur Jawa Tengah. “Kami masih menunggu juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis) dari gubernur terkait penyaluran raskin tahun 2013,” terang Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Kota Pekalongan, Setyo Susilo di ruang kerjanya. (31/1).

Menurut dia, saat ini sebenarnya raskin sangat dinanti masyarakat. Karena pada saat ini para nelayan menghadapi masa paceklik akibat gelombang tinggi. Di sisi lain, para petani juga belum panen.

Belum Turun
Namun alokasi raskin tahun anggaran 2013 belum bisa didistribusikan kepada warga penerima manfaat karena juklak dan juknis penyaluran raskin dari Gubernur Jawa Tengah belum turun. Setyo memperkirakan, raskin alokasi Januari akan didistribusikan kepada warga penerima manfaat pada pertengahan Februari mendatang. “Paling lambat minggu ketiga bulan Februari, raskin akan disalurkan kepada warga mengirimkan Surat Perintah Alokasi (SPA) ke Bulog untuk segera menyalurkan raskin,” paparnya.

Dengan demikian, pada bulan Februari ini akan ada dua kali penyaluran raskin, yakni penyaluran raskin alokasi Januari 2013 dan raskin alokasi Februari 2013. Sementara itu, pagu raskin Kota Pekalongan periode Juni hingga Desember tahun 2012 tercatat 9.939 rumah tangga sasaran (RTS). Angka ini turun 56 persen dari pagu raskin periode sebelumnya. Pada periode Januari hingga Mei 2012, pagu raskin Kota Pekalongan mencapai 22.639 RTS. (K30-49)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 01-02-2013)

 

Tidak ada komentar: