Minggu, 10 Februari 2013

Varietas Durian Lolong Di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar

Durian Lolong Perkuat Branding Kabupaten Pekalongan

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Varietas durian Lolong di desa Lolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan semakin memperkuat branding/citra Kabupaten Pekalongan sebagai kota penghasil durian berkualitas.

Dalam Festival Durian Lolong 2013 yang berlangsung Minggu (10/2) ini, para pecinta durian dari berbagai kota hadir memeriahkan wisata kuliner dan alam di wilayah tersebut.

Hadir dalam acara ini Bupati Pekalongan Ahmad Antono beserta wakil dan seluruh jajaran muspida. Selain itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jateng Prasetyo Aribowo juga menyambut gelaran ini dengan apresiasi positif.

''Citra Jawa Tengah salah satunya juga ikut terdorong dengan branding Pekalongan tidak hanya terkenal dengan batik tetapi juga agrowisata seperti durian di Lolong,'' ujar Prasetyo, hari ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan Muritno menandaskan, setidaknya terdapat 5.100 pohon durian di Lolong dengan kapasitas produksi lebih dari 5.000 kuintal per tahun.

Nama Lolong sendiri juga pernah menginspirasi penyanyi Ebiet G Ade sebagai salah satu judul lagunya.
''Sudah puluhan tahun lalu saya pernah berkunjung ke Lolong dan desa ini pantas menjadi daya tarik wisatawan karena alamnya yang indah dan duriannya juga luar biasa,'' terang Ebiet yang menyanyikan sejumlah lagu diikuti tepukan riuh dari masyarakat dan penggemarnya. 

Para penggemar durian terus membanjiri area di pinggiran sungai yang juga dijadikan adventure arung jeram. Cukup membayar Rp 60 ribu, tiga atau empat durian bisa dibawa pulang buah yang dikenal bercitarasa ini.
( Modesta Fiska / CN34 / JBSM )
sumber

Tidak ada komentar: