Selasa, 26 November 2019

Olahraga Berkuda dan Panahan Pekalongan

Terbaru, Main Kuda dan Panahan 

KARANGANYAR – Bagi anda penyuka olahraga berkuda dan panahan, kini sudah bisa menikmati olahraga satu ini di Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Namanya Wisata Alam La Ranch Resto and Galeri, Kampung Cowboy Pekalongan. Tepatnya berada di Desa Limbangan, bisa ditempuh 1 km dari Kajen atau 8 km dari kota Pekalongan.
Demikian diungkapkan Yanto, salah satu Owner sekaligus GM La Ranch ketika ditemui dilokasi, Jumat (22/11). Dia mengungkapkan obyek wisata yang digagasnya beserta Roni ini bernuansa wisata edukasi.
Kampung cowboy
“Kalau untuk Kabupaten Pekalongan sendiri menurut saya ini adalah sebuah konsep yang memang wawasan edukasi wisata. Dimana edukasi wisata ini kita sudah menyiapkan beberapa wahana yang memang cocok untuk pendidikan anak usia dini,” ungkapnya.
“Dimana dari Paud ini ada kurikulum 13, kurtilas 13, yang mereka salah satunya adalah paling penting adalah stimulasi motorik halus dan motorik kasar. Nah motorik halus dan motorik kasar kita ada semuanya wahananya. Ya kita siapkan wahananya,” sambungnya.
Obyek wisata yang baru soft launching pada tanggal 18 Oktober lalu ini menyediakan berbagai wahana bermain yang edukatif bagi anak-anak, remaja, dewasa dan para orang tua. “Diantaranya untuk motorik halus ada kelinci, bulu yang bisa disentuh, terus ada domba pula. Nah untuk motorik kasar, kita ada kuda untuk menstimulasi, dan ada panahan dan ada mainan mini anak-anak untuk ketangkasan, membuat mereka harus menjaga keseimbangan,” paparnya.
Selain itu Yanto menuturkan bahwa mengedukasi Wisata di La Ranch ini memang disiapkan untuk sarana belajar mengajar di luar ruang untuk Kabupaten Pekalongan. “Yang saat ini tentu Kabupaten Pekalongan sudah memiliki kawasan wisata. Tapi itu kan lebih mengandalkan kepada alam yang sudah tersedia. Sementara La Ranch ini dari nol yang tidak ada apa-apanya,” kata dia.
Yanto mengaku proses pengerjaan berbagai wahana yang ada hanya satu bulan. “Semula adalah sebuah kebun tebu dan jagung, nah akhirannya kita mencoba melakukan beberapa kreasi, bagaimana memikirkan Kabupaten Pekalongan ini memiliki sebuah kawasan wisata yang memang bisa seluruh usia,” ujarnya.
Mulai dari resto, playground, berkuda, taman domba, taman kelinci, kebun organik, panahan, hingga manasik haji dan umroh ada disini. Juga dilengkapi dengar berbagai fasilitas seperti mushalla, toilet, dan area jajanan ramah lingkungan buat anak.
Wahana andalan atau spesial dari La Ranch sendiri adalah berkuda dan panahan.
Wisata Alam yang digagas oleh Yanto dan Roni ini masih terus melakukan inovasi dan pengembangan, yang memiliki luas 1 hektar ini baru terpakai 1/2 hektar saja. Anda tak perlu khawatir masalah biaya masuk dan biaya untuk menjajal setiap wahana. Karena harganya sangat terjangkau dan merakyat. Tiket masuknya hanya Rp5.000, dan tiket setiap wahana sudah paling tinggi Rp15.000 yakni berkuda, sementara yang lain ada yang Rp10.000 dan yang terendah Rp5.000.

Puas bermain dan menjejal berbagai wahana, anda tentu tak akan lupa mengabadikan keindahan setiap spot dengan swafoto. Capek berkeliling dan menjajah setiap wahana dan berfoto, anda bisa mencoba berbagai menu yang disajikan di Resto La Ranch sendiri.
Harga setiap menu di restonya juga cukup bersahabat dengan kantong. Menu paket ayam bakar dan penyet hanya Rp25 ribu. Sementara kentang goreng, sosis bakar, pisang goreng, pisang bakar, sambal ijo hanya Rp10 ribu. Yang lebih spesial lagi all item diskon 20%.
Sejak soft launching pada tanggal 18 Oktober hingga ketika tim radar pekalongan meliput lokasi pada tanggal 22 November 2019, sudah ribuan orang dari berbagai latar belakang menjajah berbagai wahana yang disediakan La Ranch.
Selain itu, La Ranch juga telah membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. Selain karena 25 karyawannya berasal dari orang asli Limbangan, juga karena La Ranch menggratiskan lapak bagi masyarakat yang ingin berjualan di lokasi wisata, dengan syarat makanan yang dijual higienis dan aman untuk anak-anak, serta tidak menggunakan bahan plastik dan bahan tak ramah lingkungan. (ap3)

Tidak ada komentar: