LOGO BARU PEMERINTAH KOTA PEKALONGAN
Pekalongan adalah kota yang terletak di pesisir utara pulau Jawa yang terkenal akan batiknya. Pada tanggal 1 Desember 2014 lalu Kota Pekalongan dinobatkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai Kota Kreatif Dunia untuk kategori kerajinan dan kesenian rakyat.
Pekalongan adalah kota yang terletak di pesisir utara pulau Jawa yang terkenal akan batiknya. Pada tanggal 1 Desember 2014 lalu Kota Pekalongan dinobatkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai Kota Kreatif Dunia untuk kategori kerajinan dan kesenian rakyat.
Untuk itu pemerintah Kota Pekalongan merubah logo Kota
Pekalongan melalui Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2014 yang mempunyai
filsofi lebih mengedepankan pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Logo
ini memiliki kesan lebih dinamis dan tidak kaku seperti logo
sebelumnya.
Logo Baru Kota Pekalongan |
Makna Logo Baru Kota Pekalongan
1. Orang mengangkat kedua tangan
Melambangkan semangat, kesehatan, kecerdasan, ketrampilan, dan keceriaan yang tercermin pola hidup yang penuh religiusitas
2. Canting
Melambangkan kreatifitas, kerja keras, konsisten dan terintegrasi antara satu dengan lainnya serta berkesinambungan.
3. Air
Melambangkan adaptif dalam menyikapi dinamika kehidupan yang bernuansa
pada kondusifitas dan kenyamanan, serta penerapan hubungan humaniora
yang egaliter dan tidak membedakan status.
4. Ikan
Melambangkan salah satu potensi sumber daya alam yang dimiliki untuk
dikembangkan guna peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
5. Orang yang sedang bekerja.
Melambangkan semangat kerja masyarakat yang tinggi, berjuang tiada henti dalam menghadapi tantangan dan meraih cita-cita.
Arti Warna Logo Baru Kota Pekalongan
1. Putih
Memiliki makna : Kejujuran, Kesetiaan dalam pengabdian, Kesucian, Spiritualitas dan Kesederhanaan.
2. Coklat Tua
Memiliki makna : Persahabatan, Kesan Tegas, Ramah, dan Bijaksana, Dapat Diandalkan serta Produktif.
3. Coklat Muda
Memiliki makna : Pintar, Damai, Hangat dan lembut.
4. Orange
Memiliki makna : Antusias, Kesuksesan, Keadilan, Independen, Kemandirian, Tumbuh dan Gerak Cepat.
Selain itu Kota Pekalongan juga berhak menggunakan logo UNESCO disamping logo kota Pekalongan
Semoga tidak hanya logo yang berubah dari Kota Pekalongan tapi esensi
yang lebih besar adalah lebih baiknya kota ini dalam berbagai bidang
kehidupan kedepannya.
dari berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar