Jumat, 06 Februari 2015

Rintisan Puskesmas Ramah Lansia di Kota Pekalongan

PEKALONGAN – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan tengah merintis pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ramah bagi warga lanjut usia atau puskesmas ramah lansia. Setiap kecamatan, nantinya akan ada satu puskesmas yang ditetapkan sebagai puskesmas ramah lansia. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Dwi Heri Wibawa menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan sudah memiliki satu puskesmas ramah lansia. Yakni Puskesmas Bendan yang berada di Kecamatan Pekalongan Barat.
 
Dinas Kesehatan Kota Pekalongan mendapat bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi untuk membangun puskesmas ramah lingkungan di Puskesmas Bendan,” terang Dwi Heri, Sabtu (31/1). Setelah Puskesmas Bendan ditetapkan sebagai Puskesmas ramah lansia, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan tahun ini akan membangun satu lagi puskesmas ramah lansia. Rencananya, Puskesmas Kusuma Bangsa di Kecamatan Pekalongan Utara yang akan dijadikan sebagai puskesmas ramah lansia berikutnya.
 
Tahun ini Puskesmas Kusuma Bangsa akan direnovasi. Di antaranya peninggian jalan. Nanti akan ditambah dengan sarana prasarana penunjang untuk lansia seperti pegangan di kanan dan kiri pintu masuk puskesmas,” sambungnya. Puskesmas ramah lansia adalah puskesmas yang melaksanakan pelayanan kesehatan meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang lebih menekankan unsur proatif, kemudahan proses pelayanan, santun dan sesuai dengan standar pelayanan. (K30-74)
 
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 03-02-2015)

Tidak ada komentar: