Jumat, 28 Desember 2012

Pato Jimenez Perkuat Lini Belakang Persip

Pato Jimenez Resmi Perkuat Persip

KOTA - Pesepakbola asal Chile, Patricio 'Pato' Jimenez, akhirnya resmi memperkuat tim Persip Pekalongan pada Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2012/2013. Kepastian bergabungnya pemain belakang bernama lengkap Muhammad Patricio Jimenez Diaz itu terjadi setelah adanya 'deal' dengan pihak manajemen, kemarin (25/12). Dengan begitu, sementara ini baru ada satu pemain asing yang dipastikan tergabung dalam skuad Laskar Kalong pada gelaran kompetisi Divisi Utama mendatang, dari tiga legiun asing yang dibutuhkan.

CEO Persip Pekalongan H Budi Setyawan membenarkan, sudah ada kesepakatan antara pihak manajemen dengan Pato, sapaan akrab Patricio Jimenez. "Pato akhirnya resmi bergabung ke Persip setelah kita menjalin kesepakatan dengannya," kata Wawan, begitu ia biasa disapa, Selasa (25/12), tanpa menyebut berapa nilai kontrak yang disepakati antara pihak manajemen dengan mantan pemain Persitara Jakarta Utara tersebut.

Direncanakan, Pato akan memperkokoh lini belakang Laskar Kalong. Pemain berusia 37 tahun itu bahkan kemarin sore langsung mengikuti latihan rutin bersama para pemain Persip lainnya di Stadion Kota Batik, di bawah asuhan pelatih Agus Riyanto. Selanjutnya, Pato juga akan langsung diturunkan saat Persip menjamu PSIS Semarang dalam laga uji coba yang akan digelar di Stadion Kota Batik, Jumat (28/12) besok.

Sebelum ke Persip, kiprah Pato di persepakbolaan Indonesia sendiri sudah dibilang cukup lama. Sehingga, nama Pato sudah tak asing bagi pecinta bola dalam negeri. Pria kelahiran Villa Alegre, Chile, pada 23 Juni 1975 itu mengawali karirnya di Indonesia pada tahun 2004 dengan memperkuat Semen Padang. Kemudian dilanjutkan dengan membela klub Sriwijaya FC (2006), Persip Bandung (2007), PSMS Medan (2008), Persisam Samarinda (Divisi Utama/2009), Bontang FC (2010), PSIS Semarang (2011), dan Persitara Jakarta Utara (2012).

Suami dari Novia Anggraini yang kini sudah dikaruniai empat orang anak ini bahkan tercatat sudah beberapa kali menorehkan prestasi. Saat bergabung dengan Persib Bandung di tahun 2007, Pato dinobatkan masuk ke dalam lima center bek terbaik ISL versi Antv.

Selain itu, pemain yang setia memelihara rambut gondrongnya itu juga pernah membuat sensasi. Pato adalah satu-satunya pemain yang mendapat penghargaan dari FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) atas prestasinya mencetak gol penalti dengan cara menutup mata. Itu dilakukannya saat membela Persib Bandung di ajang Copa Indonesia 2007, saat bertemu Persijap Jepara.

Pemain yang juga mempunyai keunggulan sebagai libero itu, juga pernah menyandang predikat sebagai center bek terbaik Divisi Utama versi wartawan dan media olahraga di tahun 2009. Saat itu, pemain yang fasih berbahasa Indonesia berhasil membawa Persisam Samarinda menjadi Juara Divisi Utama. Sementara, prestasinya terakhir, ditorehkan saat membela Persitara pada Divisi Utama Liga Indonesia musim lalu. Dia tercatat sebagai defender yang paling produktif karena bisa menorehkan sembilan gol.

Pria yang sudah memeluk agama Islam sejak 31 Desember 2005 ini mengaku senang akhirnya bisa bergabung ke Persip Pekalongan. Apalagi, setelah mengetahui bahwa ternyata ia sudah punya cukup banyak fans di kota batik. "Terimakasih, akhirnya saya mendapat kesempatan bergabung dengan Persip," kata Pato saat ditemui di rumah dinas Wakil Walikota Pekalongan, Selasa (25/12).

Dia berharap bisa memberikan yang terbaik untuk tim barunya ini. Dia juga berharap agar Persip bisa menjadi juara Divisi Utama. "Semoga apa yang pernah saya lakukan saat membela Persisam dan menjadi juara Divisi Utama di tahun 2009, bisa terulang di sini," ujarnya. (way)



  • BIODATA
Nama Lengkap:
Muhammad Patricio Jimenez Diaz
Panggilan : Pato / Patricio
TTL : Villa Alegre, Chile, 23 Juni 1975
Posisi : Belakang,Libero
Istri : Novia Anggraini

Karir di Indonesia:
- 2004 Semen Padang, ISL
- 2006 Sriwijaya FC, ISL
- 2007 Persib Bandung, ISL
- 2008 PSMS Medan, ISL.
- 2009 Persisam Samarinda, Div Utama
- 2010 Bontang FC, ISL
- 2011 PSIS Semarang, Div Utama
- 2012 Persitara, Div Utama LI

sumber

Tidak ada komentar: