Jumat, 13 Juni 2014

Temukan Granat Aktif Lokasi Wisata

Warga Temukan Granat Aktif di Lokasi Wisata

WELERI – Sebuah granat aktif ditemukan di lokasi pembangunan Talud yang ada di depan lokasi wisata religi, Goa Bunda Maria, Besokor, Jumat (13/6). Penemuan yang mengagetkan tersebut membuat geger warga sekitar lokasi. Berada di lokasi jalan yang menanjak, lokasi sempat dilihat oleh warga sekitar yang penasaran akan penemuan granat tersebut.

Kapolsek Weleri, AKP Haryo Deko Dewo, mengatakan, penemuan granat tersebut diperkirakan merupakan sisa-sisa peninggalan jaman perang Belanda dulu. Melihat bentuknya yang sudah tertutup tanah dan terlihat berwarna kekuning-kuningan. Karena diduga masih aktif, maka pihaknya melaporkannya kepada Tim Gegana Brimob Polda Jateng untuk menjinakkannya.

Granat tersebut ditemukan sekitar pukul 12.00 WIB, oleh salah seorang pekerja, yang sedang menggarap pembangunan Talud, tepat di depan lokasi wisata religi, Goa Bunda Maria. “Granat ini diduga masih aktif sehingga akan diledakkan.

Proses peledakkan akan dilakukan oleh Tim Gegana Brimob Polda Jateng,” bebernya.

Proses peledakkan granat tersebut dilakukan sorehari setelah kedatangan Tim Gegana Brimob Polda Jateng. Penjinakkan granat tersebut dilakukan dengan meletakkan granat di sebuah ladang yang berjarak kurang lebih 50 meter, untuk kemudian dipicu dengan menggunakan sebuah detonator. “Kami amankan granat tersebut di lokasi yang cukup kondusif dengan dibatasi garis polisi. Setelah kedatangan Tim Gegana Brimob Polda Jateng, baru granat tersebut dijinakkan,” imbuhnya.

Sementara itu, RT setempat, Paito mengungkapkan jika dirinya mendapat laporan dari salah satu pekerja yang melaporkan adanya penemuan granat tersebut. “Setelah mendapat laporan dari pekerja tersebut, saya kemudian melaporkan penemuan ini kepada Polsek Weleri untuk ditindaklanjuti. Mereka kemudian datang meninjau lokasi dan melihat granat tersebut,” katanya. (yog)

Tidak ada komentar: