Rabu, 31 Juli 2019

Prospek Kerja Keperawatan

10 Peluang Atau Prospek Kerja Keperawatan Dan Gajinya
Memilih jurusan keperawatan dan bercita-cita menjadi perawat bisa jadi adalah impian Kamu sejak kecil. Tapi tahukah Kamu seberapa luas prospek kerja keperawatan? Kalau  amu mengira prospek keperawatan itu sempit karena ujung-ujungnya pasti jadi  perawat, Kamu sepertinya perlu memperluas wawasan Kamu lagi. Kamu bisa cek 10 prospek kerja keperawatan bagi Kamu yang lulusan keperawatan
1. Perawat Di Rumah Sakit
Jika Kamu bercita-cita menjadi perawat, Kamu bisa mengikuti jejak para pendahulumu dengan berkarir menjadi perawat rumah sakit. Kamu bisa memilih rumah sakit yang Kamu inginkan, mau rumah sakit plat merah, rumah sakit swasta, rumah sakit di negeri sendiri, atau bahkan rumah sakit di luar negeri, bisa Kamu coba semua.
Bercita-cita menjadi seorang perawat adalah sebuah cita-cita yang mulia. Karena perawat adalah sebuah profesi yang lebih mengutamakan pengabdian daripada orientasi pendapatan semata. Rata-rata gajinya adalah Rp 2juta – Rp 5juta.
2. Perawat Homecare
Kalau Kamu tidak suka rumah sakit atau tidak mau bekerja di rumah sakit selamanya, Kamu bisa memilih menjadi perawat homecare. Alih-alih Kamu harus berangkat kerja ke rumah sakit, Kamu akan berangkat kerja ke rumah orang lain.
Di sana Kamu akan merawat orang-orang yang membutuhkan perawatan. Bisa bayi, anak kecil, bahkan para lansia. Kelebihannya adalah Kamu memiliki waktu yang lebih fleksibel daripada bekerja di sebuah instansi resmi. Rata-rata gajinya adalah Rp 2.5juta – Rp 7juta.
3. Medical Representative
Jika Kamu adalah seorang lulusan perawat dengan kemampuan ilmu pemasaran yang mumpuni, Kamu bisa berkarir menjadi medical representative. Tugasnya adalah mempromosikan produk-produk farmasi secara profesional, kredibel, dan berintegritas. Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang farmasi. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 7juta.
4. Penulis Buku Kesehatan
Kalau Kamu suka menulis dan mempunyai kemampuan menyusun kata-kata serta bermimpi ingin menerbitkan bukumu sendiri, Kamu bisa menjadi penulis buku dengan tema-tema kesehatan.
Kamu bisa membukukan hasil penelitian yang telah Kamu lakukan kemudian dijual secara luas. Pendapatannya bisa melebihi teman-teman Kamu yang berkarir menjadi perawat jika bukumu laris manis di pasaran dan menjadi best seller. Rata-rata gajinya tergantung buku yang terjual.
5. Perawat Di Klinik Kecantikan
Semakin banyaknya klinik kecantikan yang ada, Kamu bisa menjadikan ini sebagai prospek kerja keperawatan setelah lulus nanti. Apalagi jika perawatan tubuh dan wajah adalah passion Kamu. Tugasnya hampir sama dengan perawat pada umumnya, bedanya hanya tempat kerjanya saja. Rata-rata gajinya adalah Rp 2.5juta – Rp 5juta.
6. Asisten Dokter
Lulusan perawat juga bisa menjadi asisten dokter. Tugasnya adalah memberikan pelayanan kesehatan dengan pengawasan dokter, memberikan pengobatan dan nasihat kepada pasien. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 5juta.
7. Manajer Data Klinis
Tugasnya tidak jauh-jauh dari pengelolaan data untuk memecahkan suatu masalah. Kamu harus bisa menerapkan pengetahuan kesehatan dan juga pandai melakukan manajemen database untuk analisis data klinis sehingga bisa digunakan untuk mengidentifikasi dan melaporkan tren. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 5juta.
8. Paramedis Dan Teknisi Medis Gawat Darurat
Sebagai paramedis dan teknisi medis gawat darurat, Kamu adalah orang pertama yang akan melakukan perawatan terhadap pasien yang luka atau membutuhkan pertolongan.
Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk dapat menggeluti profesi ini. Selain itu, Kamu haruslah cepat tanggap dalam mengambil keputusan karena ini berhubungan dengan situasi gawat darurat. Rata-rata gajinya adalah : Rp 3juta – Rp 5juta.
9. Manajer Layanan Medis Dan Kesehatan
Berkarir sebagai manajer layanan medis dan kesehatan berarti Kamu memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasikan pelayanan medis dan kesehatan di instansi tempat Kamu bekerja. Rata-rata gajinya adalah Rp 4juta – Rp 7juta.
10. Ahli Epidemiologi
Ahli epidemiologi adalah seseorang yang bertugas mendeteksi masalah kesehatan yang terjadi. Profesi ini berperan penting dan dibutuhkan di setiap negara agar penyakit yang ada tidak menjadi wabah. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 5juta
Itulah tadi 10 prospek kerja keperawatan yang bisa dipilih untuk karir Kamu di masa depan. Masuk jurusan keperawatan tidak selalu harus bekerja sebagai perawat. Kamu bisa mengambil karir lain yang sesuai dengan jurusan kuliah Kamu.
Ayo Kuliah di FIKES Klik Disini
UMPP


Tidak ada komentar: