Rabu, 31 Juli 2019

Prospek Kerja Lulusan D3 Akuntansi

Ini 12 Prospek Kerja Lulusan D3 Akuntansi Terbaik 

D3 Akuntansi tergolong sebagai program studi yang diminati di Indonesia. Salah satunya karena lulusan program studi ini cepat dapat kerja. Apa saja prospek kerja lulusan D3 Akuntansi? 
Berikut ini adalah prospek kerja lulusan D3 Akuntansi terbaik.

1.Accounts Payable/Receivable Clerk 
AP/AR Clerk adalah orang yang menangani proses akuntansi khusus utang dan piutang terutama berkaitan dengan input data dan persiapan bukti transaksi.

2.Admin Penjualan (Administrator Sales)
Admin penjualan adalah orang yang bertugas menangani permintaan pelanggan,mengejar harga jual, mengejar target pejualan harian dan memproduksi laporan.

3.Staff Administrasi dan Keuangan
Staf administrasi dan keuangan adalah orang yang bertugas membantu Kepala Staf Administrasi 
dalam kegiatan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sesuai visi, misi, tujuan serta rencana kerja. 
Tugas itu meliputi pembuatan agenda surat masuk dan keluar, pembuatana arsip surat masuk dan keluar, pengelolaan kas kecil, monitoring kebutuhan rumah tangga dan pembuatan jadwal kegiatan pimpinan.

4.Staff Akuntansi
Staf akuntansi adalah orang yang bertugas untuk membuat laporan keuangan pada perusahaan dan melaporkannya pada pihak berwenang di sebuah perusahaan. Tugasnya secara rinci adalah memverifikasi data keuangan atau dokumen ekonomi organisasi, mencatat dokumen ekonomi secara double entry system.

5.Staff Perpajakan
Staf Perpajakan adalah orang yang bertugas membuat dokumen pajak yang berkaitan dengan transaksi hingga membuat laporan pajak serta menyimpan laporan itu sesuai dengan jenis pajak. 
Staf Pajak juga wajib membuat dokumen pajak secara teliti dan tepat waktu.

6.Petty Cash Staff
Petty Cash Staff adalah karyawan yang bertugas menangani pembayaran dan pencatatan pengeluaran kecil yang tak terdua. Pengeluaran kecil tak terduga itu seperti pembelian ATK kantor seperti tinta printer, penggantian biaya perjalanan bisnis atau bahan bakar operasional kantor. 

7.Supervisor Accounting and Finance
Supervisor accounting and finance adalah orang yang bertanggungjawab atas pelaksanaan aktivitas keuangan perusahaan seperti arus kas masuk dan keluar, pengendalian keuangan internal, pengontrolan cash flow perusahaan dan menangani sinkronisasi data administrasi keuangan dan akuntansi sesuai prosedur.

8.Financial Controller
Financial Controller merupakan posisi tertinggi dalam bidang akuntansi dan keuangan. Financial controller bertugas langsung dalam keuangan serta persiapan analisis operasional perusahaan seperti laporan keuangan. Untuk dapat menjadi financial controller, setidaknya harus D3 Akuntansi 
dan memiliki pengalaman 5 tahun dalam mengelola keuangan.
9.Finance Frontline
Finance Frontline adalah orang yang bertugas melayani konsumen atau nasabah terkait urusan keuangan.Contoh finance frontline adalah customer service dan teller di bank. Untuk dapat menjadi finance frontline harus memiliki penampilan serta kemampuan komunikasi yang baik.

10. Credit Analyst
Credit Analyst bertugas untuk menentukan layak atau tidaknya seorang nasabah memperoleh fasilitas kredit dari bank. Tidak hanya kredit, analisis juga dilakukan pada permohonan kartu kredit serta batasan kredit yang diberikan kepada pemohon. Credit analyst diperlukan untuk menghindari kerugian bank karena meminjamkan dana pada orang atau perusahaan yang justru tidak mampu memenuhi kewajiban kreditnya.

11.Loan Administration Staff
Loan administration staff adalah petugas bank yang menanangani permasalahan administrasi kredit,
portofolio kredit serta hukum. Loan administration staff biasanya juga menangani pendaftaran serta permohonan kredit, menganalisa serta membantu permohonan kredit, penyiapan dan pelaksanaan realisasi kredit, pemeliharaan dan penyimpanan dokumen dan agunan kredit, mengawasi performance dan mengklarfikasi kredit, dan menyelesaikan kredit bermasalah. 

12.Business Promotion Staff
Business promotion adalah pegawai bank yang melakukan pemasaran berbagai produk perbankan 
kepada calon nasabah, khususnya yang berkaitan dengan kredit.


Ayo Kuliah di 
1. FEB klik disini

umpp

Tidak ada komentar: