Sabtu, 25 Januari 2014

Pemerintah Polandia Jajaki Kerja Sama Perdagangan Batik Maupun Tekstil

Polandia Jajaki Kerja Sama Perdagangan Batik

PEKALONGAN – Pemerintah Polandia berencana melakukan kerja sama bidang perdagangan dan investasi, khususnya sektor batik maupun tekstil dengan Pemkot Pekalongan. Kota Pekalongan dinilai sebagai wilayah yang menarik untuk meningkatkan hubungan kerja sama di bidang tersebut. Kerja sama yang akan dijalin diharapkan tidak hanya antarpemerintah saja, tetapi juga melibatkan pelaku usaha dari Polandia dan Pekalongan.
Kunjungan kali ini untuk mendorong kerja sama di antara pengusaha Polandia dan Pekalongan. Baik di bidang perdagangan, investasi maupun potensi lainnya. Kunjungan ini sekaligus bentuk tindak lanjut kunjungan SBY ke Warsawa Polandia,” kata Romuald Morawski, Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi, Kedutaan Besar Polandia di Indonesia, dalam pertemuan dengan Walikota Pekalongan, M Basyir Ahmad, di Setda Kota Pekalongan, baru-baru ini.
Morawski mencontohkan, di bidang pariwisata, berdasarkan data wisatawan Polandia yang berkunjung ke Indonesia rata-rata 10 ribu orang per tahun. Selain menjajaki bidang perdagangan, pihaknya juga mengaku tertarik dengan warisan budaya yang ada di Kota Pekalongan, khususnya batik.
Komoditas Unggulan
Romuald Morawski juga akan membagi pengalaman, kondisi batik di Kota Pekalongan. Warisan budaya tersebut bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan terutama dari Polandia untuk datang ke Pekalongan. Polandia sendiri, lanjut dia, memiliki pengalaman ratusan tahun dalam industri tekstil tradisional, di mana kain tradisional Polandia telah menjadi komoditas unggulan ekspor di Eropa sejak pertengahan abad ke-13.
Dalam kunjungannya ke Pekalongan, selain bertemu walikota, Morawski yang bermalam di hotel Horison Pekalongan di dampingi istrinya, berkunjung ke Museum Batik Pekalongan. Kemudian ke workshop Batik Bulan Gemilang di Jalan raya Pekalongan-Batang. Disana, Morawski tertarik dan terkesima melihat batik yang dipajang. Sementara itu, Presiden Direktur Batik bulan Gemilang. Wulan Utoyo menyatakan menyambut baik adanya penjajakan kerjasama tersebut. Pihaknya mengaku, batiknya juga kerap dikirim ke Polandia. (H63-69)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 23-01-2014)

Tidak ada komentar: