Sabtu, 25 Januari 2014

Perbaikan Infrastruktur Jalan, Menunggu Cuaca Cerah

Infrastruktur Jalan Kota Rusak
PEKALONGAN – Banjir yang merendam Kota Pekalongan selama beberapa hari menyebabkan infrastruktur jalan rusak. Perbaikan terhadap jalan-jalan tersebut tidak dapat dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dalam waktu cepat karena pihak terkait menunggu cuaca cerah.
DPU tidak bisa langsung melakukan perbaikan karena cuaca masih belum memungkinkan,” jelas Kabid Marga DPU Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto. Menurutnya, apabila dipaksakan dilakukan penambalan maka hasilnya tidak baik. Sebab aspal membutuhkan panas matahari untuk bisa merekat dan membentuk lapisan.
Sejauh ini, Bina Marga baru melakukan pendataan terhadap jalan-jalan yang rusak serta mengamankan lubang – lubang jalan. Lubang jalan yang membahayakan, lanjutnya, dipasang rambu-rambu peringatan agar pengguna jalan waspada dan tidak terjerembab. Sementara itu, jalan-jalan yang dilaporkan rusak akibat banjir ini antara lain Jl KI Mangun Sarkoro dan Jl Urip Sumoharjo.
Anggaran Pemeliharaan
Namun demikian tidak menutup kemungkinan masih ada jalan-jalan lainnya yang rusak karena pendataan belum selesai dilaksanakan. Dikatakan lebih lanjut, untuk mengatasi jalan yang rusak, DPU sudah memiliki anggaran melalui pemeliharaan jalan.
Untuk peningkatan jalan akan dilakukan, tapi waktunya masih lama karena harus melalui APBD 2014,” imbuh Bambang. Sejumlah warga mengeluhkan kerusakan jalan tersebut. “Selain membahayakan juga mengganggu perjalanan, kami harus memperlambat kendaraan yang berarti waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama,” tutur Hasan warga Kelurahan Poncol. (K40-74)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 21-01-2014)
 

Tidak ada komentar: