Sabtu, 25 Januari 2014

Tim Medis Khusus Dinkes Keliling Daerah Terendam Banjir

Dinkes Turunkan Tim Medis Keliling, Bantu Korban Banjir

PEKALONGAN – Banjir yang melanda Kota Pekalongan menimbulkan kerawanan timbulnya penyakit bagi warga, seperti diare, gatal-gatal dan infeksi saluran pernapasan (ISPA). Guna meminimalisasi serangan penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) menurunkan tim medis khusus yang berkeliling ke beberapa lokasi, khususnya ke daerah yang terendam banjir.
Tim ini akan membantu korban banjir yang kesehatannya terganggu.” kata Kepala Dinkes Kota Pekalongan, dokter Dwi Heri Wibawa. 
Bantuan yang diberikan yaitu pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan gratis. Menurutnya, langkah tersebut perlu dilakukan karena korban banjir tidak sempat berobat ke puskesmas sedangkan warga yang akses rumahnya kebanjiran, dapat menunggu kedatangan tim medis untuk memeriksakan kesehatannya. “Mereka membutuhkan pemeriksaan karena warga rawan terkena penyakit,” imbuh Dwi Heri.
Lebih lanjut dia menjelaskan, selama banjir, warga juga perlu melakukan antisipasi supaya tidak terkena penyakit, seperti mengkonsumsi air minum bersih.
Obat Gratis
Warga juga diimbau agar tidak sering terkena air genangan untuk menghindari penyakit gatal-gatal. “Ketika sering terkena air banjir, warga tidak merasakan apa-apa atau hanya gatal-gatal biasa. Tapi lama kelamaan penyakit itu semakin menjadi dan menjalar hingga ke tubuh,” ujar Dwi Heri.
Seandainya ada tanda-tanda terkena penyakit itu, warga diminta segera mengoleskan salep khusus ke tubuh yang gatal. Kalau warga bingung mencari obat itu, bisa meminta ke puskesmas terdekat. “Kami sudah mneyediakan obat-obat untuk warga yang daerahnya terkena banjir, termasuk obat penyakti gatal.” katanya.
Saat musim hujan seperti sekarang, udara dirumah menjadi lembab. Karena itu, jika ada kesempatan warga diimbau untuk membuka seluruh jendela rumah guna mengurangi kelembaban. Kalau rumah dalam kondisi lembab, penghuninya dikhawatirkan terkena ISPA. (H4-74)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 21-01-2014)

Tidak ada komentar: