Rabu, 07 Agustus 2019

Bupati: Dihimbau Pelayanan Kesehatan Harus Ramah Anak

Puskesmas Ramah Anak

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwi Antoro
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menginstruksikan agar seluruh pelayanan kesehatan baik di rumah sakit dan Puskesmas di Kabupaten Pekalongan harus ramah anak.
Penekanan itu disampaikan saat peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 tingkat Kabupaten Pekalongan, kemarin.
“Saya minta Dinas Kesehatan dan 26 Puskesmas beri pelayanan terbaik untuk anak. Jadikan Puskesmas ramah terhadap anak,” pinta Bupati.
Dikatakan, pemkab membuat peta jalan (roadmap) agar Puskesmas menjadi Puskesmas layak anak. “Pendidikan juga harus beri pelayanan terbaik pada anak. Sekolah merupakan rumah kedua anak. Jangan sampai ada sekolah yang tidak nyaman anak. Jangan sampai ada diskriminasi terhadap anak,” tandasnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwi Antoro, mengatakan, arahan dari Bupati agar Puskesmas layak anak akan disambut dengan baik. Menurutnya, Dinkes ke depan akan programkan untuk semua Puskesmas di Kabupaten Pekalongan ramah anak. “Seperti yang sudah kita buktikan bahwa Puskesmas Wiradesa terbaik nasional untuk Puskesmas layak anak,” ujar dia.
Dikatakan, untuk mewujudkan Puskesmas layak anak di Puskesmas itu ada ruang anak, ruang bermain anak, dan memisahkan antara pasien anak dan pasien dewasa. “Itu yang terpenting karena perlakukan yang berbeda. Jelas di situ untuk kita lakukan perlakukan secara humanis. Nanti seluruh Puskesmas akan dijadikan layak anak,” tandas dia. (ap5)

Tidak ada komentar: