Rabu, 07 Agustus 2019

Prospek Kerja Prodi Kebidanan

10 Peluang Atau Prospek Kerja Kebidanan Dan Gajinya

Salah satu jurusan yang berkaitan dengan kesehatan adalah jurusan kebidanan. Jurusan ini juga termasuk jurusan populer dan banyak diminati khususnya bagi wanita. Peluang atau prospek kerja Kebidanan memang cukup banyak di ranah kesehatan. Bagi Kamu yang berniat masuk jurusan kebidanan selesai SMA, wajib mengetahui prospek kerja dari kebidanan berikut:
1. Bidan Di RSUD
Salah satu peluang kerja dari jurusan kebidanan adalah menjadi bidan di RSUD. Pekerjaan ini dapat Kamu lakukan di daerah. Untuk gaji dari profesi bidan ini yaitu sebesar 4 hingga 4,5 juta per bulannya.
2. Bidan Di Puskesmas
Peluang kerja berikutnya yang bisa dilakukan lulusan kebidanan adalah menjadi bidan di Puskesmas. Untuk gaji dari bidan yang bekerja di Puskesmas yaitu berkisar 1 hingga 2 jutaan per bulan.
3. Bidan Di Rumah Sakit Swasta
Prospek kerja berikutnya dari seorang lulusan kebidanan adalah menjadi bidan di rumah sakit swasta. Untuk gaji dari bidan Rumah Sakit Swasta berkisar 3 hingga 5 jutaan per bulannya. Gajinya Cukup Lumayan Bukan?
4. Bidan Di Klinik Persalinan
Peluang kerja selanjutnya dari jurusan kebidanan ini yaitu bekerja menjadi bidan di klinik persalinan. Untuk gajinya sendiri yaitu tergantung dari klinik mana Kamu bekerja tetapi kemungkinan berkisar 3 jutaan per bulan.
5. Bekerja Di Klinik Pribadi
Prospek kerja Kebidanan berikutnya yang dapat Kamu lakukan adalah dengan membuat dan bekerja di klinik Kamu sendiri. Hal ini karena jika Kamu telah memiliki sertifikasi, maka Kamu dapat memiliki ijin praktek sendiri. Penghasilannya tergantung seberapa besar tarif yang Kamu patok
6. Dinas Kesehatan
Selain menjadi seorang bidan, Kamu juga bisa bekerja di Dinas Kesehatan. Hal ini karena semasa bersekolah kebidanan Kamu diberikan pelajaran kesehatan. Untuk gajinya yaitu berkisar 3 jutaan per bulan.
7. Dosen Kebidanan
Jika Kamu tidak ingin menjadi profesi bidan, maka Kamu juga dapat mengajar. Ilmu yang Kamu miliki dapat Kamu ajarkan kembali ke mahasiswa di universitas dengan menjadi seorang dosen. Untuk gajinya berkisar 4 sampai 5 juta per bulan.
8. Usaha Pelatihan Senam Persalinan
Selain menjadi dosen atau menjadi bidan, jurusan kebidanan dapat membuka peluang Kamu untuk membuka usaha sendiri. Usaha yang dapat Kamu lakukan yaitu usaha pelatihan senam persalinan untuk Ibu Hamil. Penghasilannya bergantung dari patokan harga yang Kamu tawarkan.
9. Instruktur Meditasi Persalinan
Peluang kerja berikutnya yang dapat Kamu tekuni sebagai lulusan jurusan kebidanan adalah menjadi seorang instruktur meditasi persalinan. Pekerjaan ini dapat membantu Ibu Hamil tetap tenang menjelang masa persalinan. Untuk gajinya tergantung tarif yang Kamu patok per pelanggannya.
10. Instansi BPJS
Profesi berikutnya yang bisa ditekuni lulusan kebidanan yaitu bekerja di instansi BPJS. Walaupun sebenarnya jurusan kebidanan tidak memiliki sangkut paut dengan BPJS, tetapi Kamu memiliki peluang untuk bekerja di sini. Untuk gajinya berkisar 3 jutaan per bulan.
Itulah prospek kerja Kebidanan perlu Kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Kamu.
Mau Kuliah Kebidanan silahkan klik disini
UMPP


Tidak ada komentar: