Rabu, 07 Agustus 2019

Prospek Kerja Teknik Elektro

10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Elektro Dan Gajinya

Dewasa ini prospek kerja teknik elektro memang sangat luas. Oleh sebab itu jurusan teknik elektro merupakan salah satu jurusan yang paing banyak peminatnya dikalangan mahasiswa. Terutama di universitas ternama, sudah dapat dipastikan setelah lulus sarjana teknik elektro banyak perusahaan yang melirik. Terlebih lagi jika Kamu termasuk tipe mahasiswa yang aktif dengan segudang prestasi. Berikut adalah 10 peluang atau prospek kerja teknik elektro yang perlu Kamu ketahui.
1. Menjadi Dosen Atau Guru
Kamu bisa bekerja menjadi dosen atau bekerja menjadi guru di SMA/SMK setelah lulus. Namun untuk menjadi dosen minimal Kamu harus lulus S2. Menjadi seorang dosen merupakan pekerjaan yang mulia. Gaji yang diterima lumayan tinggi sesuai dengan universitas atau sekolah yang menjadi tempat mengajar.
2. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Lulusan sarjana teknik elektro juga berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bagian yang bisa diambil biasanya pada bidang energi dan sumber daya mineral. Kamu bisa saja bekerja pada Dirjen Ketenagalistrikan kementerian energi dan sumber daya mineral. Tentunya gaji yang ditawarkan cukup tinggi jika menjadi seorang PNS
3. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Kamu bisa bekerja di BUMN setelah lulus kuliah. Perusahaan-perusahaan milik negra sangat membutuhkan kemampuanmu. Bidang kerja yang akan digeluti adalah pekerjaan yang berhubungan dengan telekomunikasi dan energi. Gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan yakni kisran 7 sampai dengan 12 juta.
4. Bekerja Di Sektor Swasta
Sektor swasta sangat berprospek untuk lulusan jurusan tenik elektro. Seperti halnya pengembangan software dan hardware, kominfo, telkom, dan masih banyak lagi. Gaji yang ditawarkan memang tidak terlalu tinggi. Namun ada sektor swasta yang menawarkan gaji cukup tinggi yakni perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, pembangkit listrik, dan perminyakan.
5. Menjadi Seorang Wirausaha
Apabila belum berkeinginan untuk bekerja, Kamu bisa membuka usaha sendiri di rumah. seperti yang telah dibahas di atas bahwa prospek kerja teknik elektro sangat luas. Kamu bisa membuka jasa servis laptop, komputer, printer, dan lainnya yang berhubungan dengan elektronik bisa menjadi lahan bisnis
Mengenai gaji, tentunya dalam membuka usaha membutuhkan modal. Semakin besar modal yang dikeluarkan maka semakin besar pula untung yang didapatkan.
6. Bekerja di Bidang Perminyakan dan Pertambangan
Bidang ini sangat diminati banyak orang. Teknik elektro merupakan jurusan yang sangat dibutuhkan pada bidang ini. Utamanya pada bidang control dan instrumen engineer. Seperti yang telah diketahui bahwasanya listrik sangat dibutuhkan oleh semua orang. Sehingga sumber listrik juga dibutuhkan. Inilah yang menjadikan peluang besar pada pekerjaan ini.
Gaji yang diberikan tergantung posisi yang diduduki. Jika setingkat sarjana, biasanya berada pada level 7 yakni dengan kisaran 5 – 7 juta. Semua tergantung ekbijakan dari perusahaan.
7. Bekerja Di Bidang Telekomunikasi
Peluang pekerjaan untuk lulusan teknik elektro di bidang telekomunikasi adalah pada bidang elektronika, instrumen dan kontrol tang, serta IT. Dengan gaji yang diterima kisaran 7 hingga 10 juta dan bahkan lebih.
8. Bekerja Di Bidang Kelistrikan
Yang bisa bekerja pada bidang kelistrikan hanyalah lulusan jurusan teknik elektro. Sehingga menjadi peluang besar bagi Kamu sarjana teknik elektro untuk merebut pekerjaan tersebut. Bisa dengan mudahnya mendapat pekerjaan dan dengan gaji yang cukup besar.
9. Software Developer
Lulusan elektro juga mampu mengembangkan perangkat lunak sebagai upaya pengembangan IOT (Internet Of Things). Karena setidaknya mampu menguasai bahasa pemograman untuk perangkat keras. Dengan gaji yang ditawarkan minimal 5 juta.
10. Manufaktur
Sebenarnya banyak jurusan yang bisa masuk di bidang ini. Oleh karenanya persaingan cukup berat. Namun semua konsentrasi yang ada pada teknik elektro bisa masuk. Baik sebagai Engineer, staf produksi, teknisi, dan bahkan staf personalia. Untuk gajinya tergantung posisi yang diduduki, kisaran 4,5 hingga 18 juta yang tertinggi.
Demikian ulasan mengenai 10 prospek kerja teknik elektro. Dengan harapan dapat dijadikan sebagai pengetahuan tambahan bagi Kamu yang masih ragu dengan jurusan teknik elektro. Semoga bermanfaat !
Ayo Kuliah di Jurusan Teknik Mesin Klik disini
UMPP


Tidak ada komentar: