KAJEN - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pekalongan, Rabu (30/1/2019). Gubernur meninjau Jembatan Kali Keruh di Desa Luragung Kecamatan Kandangserang. Jembatan tersebut menghubungan Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Pemalang.
Gubernur menjanjikan akan membangun jembatan tersebut pada tahun ini. Namun sebelum dibangun, Ganjar meminta untuk dibuatkan jembatan bailey. "Sekarang kita akan percepat agar masyarakat bisa jalan, pakai jembatan bailey," kata Ganjar Pranowo.
Menurut Ganjar, pembuatan jembatan bailey membutuhkan waktu tiga minggu. "Setiap kondisi darurat kita semua gotong-royong membuat jembatan darurat agar masyarakat bisa melewati fungsi-fungsi ini (jembatan) dengan baik," katanya.
Terkait pembangunan Jembatan Kalikeruh, Gubernur Ganjar memastikan tahun ini bisa dibangun. Menurutnya pemprov telah menyediakan anggaran sebesar Rp 17 miliar dari kebutuhan Rp 18 miliar. Sekitar Rp 1 miliar akan ditanggung Pemkab Pekalongan.
"Tahun ini jembatan dibangun masuk tahun anggaran 2019, segera selasai urusan administrasi dengan Bappeda langsung saya tandatangani," kata Ganjar.
Hanya saja, saat dilakukan lelang Ganjar berpesan agar tidak ada yang main dan tidak ada yang nakal.
Perlu diketahui, Jembatan Kalikeruh yang melintas Kali Comal ini menghubungkan Kecamatan Kandangserang di Kabupaten Pekalongan dan Kecamatan Watukumpul di Kabupaten Pemalang. Jembatan Kali Keruh sudah hampir setahun putus. 
Terputus pada Febuari 2018 saat musim penghujan tahun lalu. Kendati putus, puing-puing jembatan yang roboh masih dimanfaatkan warga untuk menyeberang sungai. Warga menyambung bagian jembatan yang rubuh dengan tangga. Ada tiga tangga. Tangga yang paling ekstrim yakni tangga di bagian barat sungai. Panjang tangga sekitar 11 meter dengan kemiringan tangga sekitar 70 derajat. Tidak heran bila jembatan ini dikatakan jembatan 'Uji Nyali'.
Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Pekalongan, Gubernur Ganjar Pranowo juga menyempatkan diri meninjau Jalan Sibelis di Kecamatan Paninggaran yang ambles. Disamping itu, Gubernur juga meninjau pengungsi korban banjir di Desa Tegaldowo Kecamatan Tirto.
Tampak menerima kunjungan Gubernur Jawa Tengah beserta rombongan, antara lain Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM beserta para Asisten dan para Kepala OPD terkait. (red)
Publisher : aris