Jumat, 15 Februari 2019

Pendopo Lama Akan Diubah Jadi Pekalongan Tower atau Plaza

Pendopo Lama Akan Jadi Plaza


Pendopo lama aset milik Pemkab Pekalongan yang ada di Kota Pekalongan bakal dijadikan Pekalongan Plaza atau Pekalongan Tower.
Hal itu disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam sidang paripurna persetujuan bersama di Gedung DPRD Kabupaten Pekalongan, Senin (11/2) siang.
“Kabupaten Pekalongan punya pendopo lama di Kota Pekalongan dengan luas 2,6 hektar, nanti juga akan dikelola BUMD untuk mendirikan Pekalongan Plaza atau Pekalongan Tower,” terangnya.
Asip menuturkan, dalam mengongkrak perekonomian pemerintah akan membuka berbagai bidang baik pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan, pertambangan, sumber energi, properti perdagangan, pariwisata dan investasi.
“Semoga dengan adanya perusahaan umum daerah bisa berdampak langsung pada perekonomian Kabupaten Pekalongan,” katanya
Untuk meminta dinas terkait memetakan potensi dan aset yang dimiliki Kabupaten Pekalongan dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).
“Untuk permulaan nanti akan kami bangun usaha pembuatan malam yang digunakan sebagai bahan batik, karena melihat potensi penggunaan malam yang mencapai ribuan ton setiap harinya,” jelasnya.
Menurutnya, pembuatan malam ada di Kabupaten Pekalongan dan dimiliki oleh perorangan bukan BUMD.
“Malam bisa menjadi potensi, begitu juga kain mori dimana kebutuhan setiap hari mencapai 2 juta yard. Jika Pemerintah Daerah bisa membangun dua usaha tersebut kami yakin pertumbuhan perekonomian akan mudah dicapai,” imbuhnya.
Disamping menyetujui Raperda pembentukan perusahaan umum daerah Kajen Berkah Infestama, dalam rapat paripurna tersebut, Pemkab juga menyetujui Raperda tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. Dan sebagai wujud persetujuan kedua Raperda, dilakukan penandatanganan oleh pihak eksekutif yang diwakili oleh Bupati dan oleh pihak legislatif yang diwakili oleh Ketua DPRD Hj. Hindun beserta para Wakil Ketua DPRD H. Kundarto dan H. Achmad Khozin. Disaksikan oleh Wakil Bupati Hj. Arini Harimurti, para unsur Muspida, Sekda Hj. Mukaromah Syakoer, para anggota DPRD, para Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Pekalongan yang hadir.

Tidak ada komentar: