Minggu, 10 Februari 2019

Peringatan Hari Raya Imlek 2570 Warga Tionghoa di International Batik Center

BUPATI HADIRI PERINGATAN HARI RAYA IMLEK WARGA TIONGHOA DI IBC WIRADESA


KAJEN – Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si menghadiri peringatan Hari Raya Imlek 2570 warga Tionghoa di International Batik Center (IBC) Wiradesa, Sabtu (9/2/2019) malam. Peringatan Hari Raya Imlek menampilkan kolaborasi wayang kulit dan barongsai.
 
Tampak hadir dalam peringatan tersebut antara lain mantan Bupati Pekalongan H. Amat Antono, M.Si., Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho, S.STP, pengurus FKUB Kabupaten Pekalongan KH. Minanul Azis, Camat beserta Muspika Kecamatan Wiradesa dan ratusan warga Tionghoa se Kabupaten Pekalongan.
 
Dalam sambutannya, Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si menyampaikan dukungannya dengan acara yang diselenggarakan warga Tionghoa yakni dengan mengkolaborasikan dua kebudayaan yang sengaja dipertunjukan. “Dalam merayakan Hari Raya Imlek kali ini kami mendukung kolaborasi antara kebudayaan Jawa dan Tionghoa,” katanya.
 
Perpaduan wayang kulit dan barongsai, dipaparkan Asip, sebagai gambaran keharmonisan masyarakat Kabupaten Pekalongan. “Masyarakat Kabupaten Pekalongan terkenal dengan keramahan, walaupun berbeda kebudayaan tapi tetap bisa melebur menjadi satu,” jelasnya.
 
Di Tahun Baru Imlek, Bupati Asip berharap masyarakat tetap menjaga harmonisasi baik antar sesama dan alam. “Dengan harmonisasi Kabupaten Pekalongan akan semakin baik,” imbuhnya.
 
Pihaknya menambahkan, tahun ini Pemkab Pekalongan tengah membangun krematorium yang terletak di Desa Gejlik Kecamatan Kajen. “Selain krematorium, Pemkab juga akan memfasilitasi tempat pemakaman yang representatif bagi warga Tionghoa. Pemakaman tersebut ditempatkan di dekat krematorium yang kini dalam proses pembangunan,” tambahnya. (didik/dinkominfo kab.pekalongan)

Tidak ada komentar: