Sabtu, 05 Oktober 2013

Ribuan Warga Hadiri Penutupan Pekan Batik Internasional

Pekan Batik Internasional Pekalongan Memasuki Hari Terakhir
 
Metrotvnews.com, Pekalongan: Pekan Batik Internasional di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, telah memasuki hari terakhir. Acara penutupan berlangsung meriah, Minggu (6/10), dan disaksikan ribuan warga.   

Warga memadati Lapangan Jatayu untuk menyaksikan acara penutupan yang dilangsungkan sejak Rabu (2/10) bersamaan Hari Batik Nasional.

Sehari sebelumnya warga juga antusias karena acara penutupan itu diramaikan Karnaval Pesona Batik Jlamprang. "Karnaval Pesona Batik Jlamprang cukup menarik karena warga disuguhi dengan aneka kreasi kostum," kata Rahmawati, 42, warga Buaran, Pekalongan.

Karnaval Pesona Batik Jlamprang diikuti 315 peserta dimulai dengan berkarnaval dari eks Pendopo Kabupaten Pekalongan menuju ke lapangan Jatayu dengan melintasi jalan protokol di kota itu.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Pekalongan Doyo Budi Wibowo mengatakan kegiatan karnaval batik juga dimeriahkan marching band dari Akademi Angkatan Laut, Kelompok Kesenian Topeng Ireng dari Boyolali, Kelompok Kesenian Tek-tek dari Banyumas, barongsai, marahod, kesenian bendor, toa kok a tui, graha tosan aji serta kesenian arwana.

Selain acara ini, ujar Doyo Budi Wibowo, berbagai acara dalam Pekan batik Internasional juga digelar berbagai kegiatan seperti hiasan ribuan lampion hingga Kota Pekalongan semakin semarak selama sepekan ini.

Selain berbagai ajang pameran yang diikuti oleh 147 stan pameran dengan sembilan di antaranya adalah dari luar negeri. PBI Pekalongan dipandang cukup sukses dengan transaksi perdagangan mencapai miliaran rupiah. (Akhmad Safuan)

Tidak ada komentar: