Selasa, 14 Agustus 2012

Pelantikan Kades Watusalam

BUPATI LANTIK KADES BARU DESA WATUSALAM

Kades terpilih Desa Watusalam Kecamatan Buaran Hawin Munawir dilantik secara resmi oleh Bupati Pekalongan Drs. H. Amat Antono, MSi. Dalam sambutannya Bupati Pekalongan menyampaikan penghargaannya kepada panitia penyelenggara dan pengawas yang telah mengawal proses demokrasi di Desa Watusalam dengan baik. “Proses demokrasi merupakan sesuatu yang sulit diukur, kelihatannya sederhana namun apabila kita tidak bisa mengelolanya dengan baik akan masalah”,ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Pekalongan mengatakan dengan dilantiknya kades baru menandakan proses demokrasi telah selesai. Apabila kemarin terjadi perbedaan warna adalah hal yang wajar, namun saat ini sudah merupakan konsekuensi warga se-Watusalam untuk bersatu membangun Desa Watusalam yang lebih baik. “Hubungan baik dengan warga harus terus dijalin dan ditingkatkan karena dapat menjadi motivasi penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan”, katanya.

Bupati Pekalongan juga menyinggung soal tata ruang wilayah desa Watusalam yang tidak jauh dari kota. Kedekatan jarak ini mengandung konsekuensi baik perilaku maupun gaya hidup masyarakat yang meniru kekota-kotaan. Hal lain yang perlu disikapi dengan jernih yaitu alih fungsi lahan. Banyak pihak yang tertarik dengan lahan di desa, jika tidak hati-hati bisa semrawut. “Tokoh masyarakat agar memperhatikan tata ruang wilayah dengan benar. Saya tidak menutup investor industri masuk tapi saya ingin menata antara pertanian dan industri bisa berjalan dengan baik. Jika tidak disikapi dengan baik, sawah akan habis, tata ruang juga kacau. Oleh karena itu kita wajib menjaganya”, jelasnya.

 

Bupati Pekalongan menambahkan posisi kades merupakan posisi yang strategis dan melekat dalam kehidupan sehari-hari. Jabatan kades menuntut konsekuensi dan tanggung jawab, selain itu juga harus bisa menjadi teladan untuk warganya. “Kades baru ini meski masih muda tapi sudah harus bisa menjadi bapaknya orang se-Watusalam. Dari mulai wong padu tekan urusan warisan harus bisa diselesaikan dengan adil. Kades harus banyak belajar terutama tentang penyelenggaran pemerintahan desa. Sat hal yang paling penting adalah menjaga perasaan orang”, imbuh Bupati.

Sementara itu kades terpilih Hawin Munawir dalam sambutan perdananya menyampaikan penghargaan kepada warga desa atas dukungannya selama ini. “Saya juga mohon doa restu masyarakat agar bisa menjalankan amanah sebagai kepala desa Watusalam dengan baik sehingga desa kita tercinta dapat lebih maju dan sejahtera”, ujar Hawin. (rizka/didik)
sumber:www.pekalongankab.go.id

Tidak ada komentar: