Selasa, 14 Agustus 2012

Persiapan Pengamanan Mudik 2012

Asip, Hanif dan Antono Cek Persiapan Mudik

KETUA DPRD Kabupaten Pekalongan Asip Kholbihi bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), yakni Bupati Amat Antono, Kapolres AKBP Hanif SIK dan Dandim Pekalongan Letkol Kav Wahyu Eko Purnomo mengecek kendaraan patroli milik Polres Pekalongan yang akan digunakan untuk pengamanan mudik Lebaran 2012.

Pemeriksaan itu dilakukan sesaat usai mereka (FKPD) mengikut upacara gelar pasukan pengamanan Lebaran 2012 di Jl Mandurorej atau di depan Alun-alun, Kajen, belum lama ini. Kapolres Pekalongan AKBP Hanif SIK di sela-sela pemeriksaan mengemukakan, guna memperlancar arus lalu lintas di jalur pantura, Pekalongan yang digunakan para pemudik Kepolisian Resor (Polres) Pekalongan akan membarikade sejumlah simpul-simpul yang dinilai menjadi penyebab kemacetan serta rawan kecelakaan.

Adapun beberapa simpul itu di antaranya, tepi pasar Wiradesa, perempatan Gumawang, Wiradesa, dan jalur putar Pait. Menurutnya,  penutupan sejumlah simpul kemacetan akan dilakukan sesegara mungkin, sedangkan lokasinya di perempatan Wiradesa dan jalur putar Pait.

Dengan demikian, lanjut dia warga Wiradesa dan Wonokerto yang akan ke Kajen harus belok kanan atau kiri lantaran perempatan ditutup menggunakan barikade. Penutupan itu dilakukan guna menghindari kemacetan serta kecelakaan akibat padatnya arus lalu lintas jelang Lebaran.



Pada kesempatan memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, pihaknya mengutarakan, guna memperlancar arus mudik 2012 sesuai dengan perintah Mabes Polri dan arahan Kementrian Perhubungan kendaraan berat dilarang melintas pada H-5.

Namun, truk pengangkut sembako masih diperizinkan melintas meski mendekati Lebaran. "Untuk pengamanan Lebaran ini kami siapkan 450 personel," kata dia di sela-sela upacara gelar pasukan dengan inspektur upacara Bupati Amat Antono.

Wakapolres Pekalongan Kompol Arief Bachtiar saat melakukan pengecekan Rel Kereta Api menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan telah disiapkan barikade dan bamboo cone guna dipasang disepanjang jalur Pantura Kabupaten Pekalongan.

"Sedikitnya telah disiapkan  40 barikade, 1000 bamboo cone. Barikade nantinya akan dipasang di sejumlah ruas jalan pantura, khususnya pada jalur rawan macet dan kecelakaan." tegasnya.

Barikade itu dipasang supaya para pengguna jalan saat arus mudik tidak melawan arus. Rencananya barikade-barikade itu akan dipasang sebelum H-7 Lebaran 2012. Dengan dipasangnya barikade pada ruas-ruas Jalur Pantura tersebut, masyarakat harus memutar jika ingin menyeberang jalan itu.

Selain memasang barikade apabila terjadi kemacetan akibat kecelakaan maka pengguna jalan akan dialihkan ke jalur alternatif yang telah disipakan.

Sementara Kabid Lalulintas dan Angkutan Jalan pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro mengatakan untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2012 pihaknya telah menyiapkan 20 barikade dan 140 traffic cone. (i)
sumber:http://dprd-pekalongankab.go.id

Tidak ada komentar: