Kamis, 30 Agustus 2012

Silaturahmi Di Lingkungan Pemkab

BELANJA LANGSUNG SEMAKIN BERPIHAK PADA RAKYAT

Bupati Pekalongan Drs. H. Amat Antono, MSi beserta segenap jajarannya meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dan halal bi halal dengan para PNS di lingkungan Pemkab. Pekalongan di pendopo rumah dinas Bupati Pekalongan, Kajen (27/8/12). Pada kesempatan ini Antono mengungkapkan kelegaannya akan semakin berpihaknya kebijakan politik anggaran kepada masyarakat, dimana belanja langsung untuk masyarakat terus mengalami peningkatan.

Di sela – sela sambutannya, Bupati juga mengklarifikasi berita di media massa yang menyebutkan bahwa besaran alokasi belanja langsung kepada masyarakat dalam APBD Kab. Pekalongan di Tahun 2011 hanya 29,6 Milyar, kemudian menjadi 36 Milyar di Tahun 2012.  “Bukan 29,6 Milyar, melainkan 29,6 persen dan Tahun ini telah meningkat menjadi 36 persen dari total anggaran yang ada,” terangnya. 



Hal ini menurut Bupati perlu di klarifikasi agar tidak timbul anggapan di masyarakat kalau alokasi anggaran pembangunan untuk kepentingan masyarakat sangat kecil, karena peningkatan anggaran belanja langsung untuk masyarakat menunjukkan bahwa semakin lama pemerintah semakin memperhatikan rakyat atau berpihak kepada masyarakat. “Hal ini harus kita jaga, dan tingkatkan,” tegas Antono.

Berdasarkan sumber yang didapatkan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal (Bappeda PM) Kab. Pekalongan, besaran belanja langsung yang dialokasikan pada APBD Kab. Pekalongan di Tahun 2012 mencapai 36,86%, atau sebesar Rp. 417.928.694.051 dari total anggaran belanja Rp. 1.133.912.484.939,-. Angka ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar 29,5% atau Rp. 272.823.122.444.

Dalam sambutannya di tengah antrian PNS yang akan berjabat tangan dengannya, Antono menyampaikan bahwa puasa selama 1 bulan dan diiringi Hari Raya Idul Fitri diibaratkan seperti handphone yang baru dicharge ulang. “Harapan saya, mulai hari ini dan seterusnya pengabdian kita kepada masyarakat dan negara dapat semakin meningkat”, ujarnya.

Bupati menambahkan perbedaan pemahaman antara pimpinan dan pegawai dalam rangka membangun Kab. Pekalongan sudah tidak ada lagi. Selama 14 bulan kepemimpinan Antono-Fadia, sudah seharusnya berada dalam satu gelombang. “Saya amati disiplin PNS sudah semakin meningkat, demikian juga perhatian ke masyarakat terlihat dari keberpihakan anggaran pada kepentingan masyarakat. Pengakuan pemerintah pusat dan propinsi juga mulai nampak dengan berbagai torehan prestasi di berbagai lomba. Hal ini terjadi bukan hanya karena kerja keras Bupati, namun kerja keras semua pihak demi kemajuan Kab. Pekalongan”, imbuhnya.(Riz-dhee2)
sumber:www.pekalongankab.go.id

Tidak ada komentar: