Sabtu, 23 November 2013

Hibah Insentif Desa (HID) dari Kementerian Pekerjaan Umum

14 Kelurahan Terima Hibah Insentif Desa

PEKALONGAN – Sebanyak 14 kelurahan dari 47 kelurahan yang mengelola Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) menerima hibah Insentif Desa (HID) dari Kementerian Pekerjaan Umum. “Kinerja 14 kelurahan itu bagus sehingga mendapat reward berupa hibah insentif desa senilai Rp 200 juta untuk pembuatan sumur bor sedalam 120 meter, tower dan jaringan,” terang Ketua Paguyuban Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BPSPAMS) Batik Bening Kota Pekalongan, Ainur Rochim di sela-sela acara peningkatan Kapasitas Satlak Pamsimas HID 2013 di Hotel Indonesia, (18/11).
Ke-14 kelurahan tersebut tersebar di empat kecamatan, di antaranya Kelurahan Degayu, Kandang Panjang (Kecamatan Pekalongan Utara), Kelurahan Poncol, Gamer (Kecamatan Pekalongan Timur), Kelurahan Tegalrejo (Kecamatan Pekalongan Barat), dan Kelurahan Duwet, Kradenan (Kecamatan Pekalongan Selatan).
Dijelaskan, dari program HID tersebut masing-masing kelurahan ditargetkan membuat sambungan minimal 100 rumah. Jika dalam satu rumah terdapat lima jiwa, dengan pembangunan sumur bor melalui program HID minimal akan ada 7.000 warga yang akan mendapatkan akses atau pelayanan air bersih. “Targetnya, ada 10.000 orang terlayani air bersih melalui program HID,” imbuh Ainur. (K30-74)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 19-11-2013)

Tidak ada komentar: