Sabtu, 30 November 2013

Jobfair Kota Pekalongan tahun 2013 di GOR Jatayu

Ribuan Pencari Kerja Serbu Jobfair

KOTA – Ribuan pencari kerja dari Kota Pekalongan dan sekitarnya mencari peruntungan dalam perhelatan jobfair Kota Pekalongan tahun 2013 di GOR Jatayu, Rabu (27/11). Mereka yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, berharap dapat menemukan pekerjaan dalam kegiatan yang digelar untuk kedua kalinya tersebut.
Kohirumuslimah (23), salah satu pelamar yang berasal dari Wiradesa mengaku, peruntungan untuk mencari kerja dalam jobfair tahun ini. Targetnya adalah, bisa mendapatkan pekerjaan indoor. “Apapun pekerjaanya asalkan di Indoor. Nanti lihat dulu ke dalam, kalau cocok saya akan masukan lamaran disitu,” akunya. 

Akan tetapi, lulusan Ilmu Matematika Undip Semarang itu mengaku, lebih condong ke perusahaan finance atau perbankan. Karena, dirinya merasa pekerjaannya yang akan dihadapinya tidak jauh berbeda dengan disiplin ilmu yang sudah dipelajarinya. Selama ini, Imah, sapaan akrabnya, mengaku bel;um pernah bekerja, namun sudah beberapa kali mencoba melamar pekerjaan. “Kemarin juga ikut CPNS Provinsi tapi gagal tidak lolos. Sekarang mau coba lagi karena awalnya saya berfikir untuk melanjutkan pendidikan dulu. Namun karena peluang belum ada, akan saya isi dulu dengan bekerja untuk mencari pengalaman jkuga,” tuturnya lagi.
Hal yang sama juga disampaikan Andi (22), lulusan Unnes Semarang tersebut juga tidak menargetkan bidang pekerjaan yang akan dilamarnmya nanti. Baginya, asalkan mampu maka akan dicoba. “Tidak menargetkan bidang pekerjaan, tapi akan mencoba ke perbankan. Saya sudah siapkan empat lamaran,” aku warga Batang tersebut.
Dalam gelaran jobfair yang dibuka selama dua hari itu, sekitar 50 perusahaan turut serta dan menyediakan 1000 lowongan kerja. Dari jumlah lowongan tersebut, hampir seluruh kualifikasi pendidikan tersedia, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, D3 hingga S1. Tercatat, 50 persen dari lowongan tersedia, merupakan lulusan SMK/SMA, 30 persen untuk lulusan D3 dan S1 dan sisanya tidak terkualifikasi.

Walikota Pekalongan, dr HM Basyir ahmad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda, Drs, Dwi Arie Putranto, Msi mengatakan, bahwa kegiatan jobfair ini menjadi satu langkah strategis untuk menurunkan angka pengangguran.
Selain itu, untuk mengatasi pengangguran juga diperlukan integrasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.
Saat ini terdapat 239 perusahaan di Kota Pekalongan dengan serapan tenaga kerja mencapai 10.729 orang. Dari jumlah tersebut, 31 diantaranta merupakan perusahaan besar, 69 merupakan perusahaan sedang dan sisanya atau 139 merupakan perusahaan kecil. “Kondisi demikian, juga mendorong para pencari kerja untuk datang ke Kota Pekalongan guna mengadu peruntungan. Sehingga adanya jobfair ini disarankan dapat menjadi salah satu solusi,” ucap Dwi Arie.
Jobfair digelar selama dua hari yaitu Rabu (27/11) hingga Kamis (28/11). Dinsosnakertrans juga menyediakan pembuatan kartu kuning di lokasi pameran demi memudahkan para pelamar kerja. (nul)
(RADAR PEKALONGAN, 28-11-2013)

Tidak ada komentar: