Senin, 09 April 2012

264 Ha Lahan Pertanian di Pekalongan Jadi Tambak


Sunday, April 8, 2012
Sedikitnya 264 hektare lahan pertanian yang tidak produktif di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, telah dialihkanfungsikan menjadi lahan tambak bandeng dan udang. Lahan pertanian menjadi tidak produktif lantaran kerap tergenang rob, sehingga hasil produksi padi makin menurun.

"Oleh karena itu, kami telah meminta warga yang mempunyai lahan pertanian nonproduktif agar dialihkan fungsikan menjadi tambak karena sektor perikanan di Kota Pekalongan lebih menjanjikan," kata Wali Kota Pekalongan, Basyir Achmad di Pekalongan, Ahad (8/4). Ia mengatakan, untuk mengembalikan kejayaan sektor perikanan di Kota Pekalongan, Pemkot setempat akan serius membangkitkan hasil produksi ikan di Pelabuhan Perikanan Nusantara daerah tersebut.

"Berbagai upaya telah kami lakukan untuk mengembalikan kejayaan sektor perikanan, seperti mengalihfungsikan lahan pertanian ke tambak dan rencana pembangunan minapolitan," katanya. Menurut dia, pada 2011, hasil industri perikanan tangkap Kota Pekalongan mencapai 18,6 juta kilogram ikan atau naik sekitar 1,7 persen dibanding tahun sebelumnya 18,3 juta kilogram ikan.

"Kenaikan produksi ikan berimbas dengan meningkatnya hasil tangkapan ikan yang mencapai Rp126 miliar," katanya. Ia mengatakan, dengan akan dibangunnya minapolitan di Kota Pekalongan diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir yang saat ini masih tertinggal jika dibanding daerah lainnya. "Kami optimistis dengan dibangunnya minapolitan dan upaya lainnya, kejayaan sektor perikanan di Kota Pekalongan akan bisa diraih kembali. Imbasnya, taraf hidup masyarakat pesisir pun akan meningkat,"katanya

sumber : www.persip.net 

Tidak ada komentar: