Senin, 30 April 2012

Diversifikasi Tempe ke Tingkat Nasional

PEKALONGAN - Meski tergolong produk baru, ternyata diversifikasi tempe seperti es krim, brownies, keripik dan puding semakin mendapat hati di masyarakat. Bahkan produk yang memiliki kandung gizi baik bagi kesehatan tersebut, mampu mendongkrak nilai dalam lomba pengelola Usaha peningkatan pendapat Keluarga Sejahtera (UPPKS)Terbaik, yang diselenggarakan Pemprov Jateng belum lama ini. Produk tersebut berkesempatan maju ke tingkat nasional.

"Diversifikasi tempe memberikan kesempatan bagi perajin untuk mengembangkan inovasi dan kreavitas.selain itu, tempe yang biasanya dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Kini seolah menjadi barang berharga karena memiliki nilai ekonomi tinggi yang memberikan tambahan pendapatan," ujar Bendahara UPPKS Delima Kota Pekalongan, Dzikriyah, kemarin.

Diungkapkan, keberhasilan timnya berkat dukungan semua elemen, baik pemerintah daerah, dan masyarakat. Dalam pengembangannya, perajin tidak menemui kendala yang berarti. Hanya saja, dibutuhkan inovasi, kreavitas, dan kesabaran yang tinggi untuk menciptakan produk yang berkualitas dan enak.

Optimistis
"Kami optimis, dengan persiapan yang matang, ke depan diversifikasi tempe akan memberikan nama terbaik di tingkat nasional," katanya. Kepala Bidang perindustrian Disperindagkop dan UMKM Kota Pekalongan, Bambang Suharyono menuturkan, produk diversifikasi tempe buatan perajin memiliki keunggulan tersendiri dibanding biasanya.

Selain memiliki kandungan gizi cukup banyak seperti yang dibutuhkan tubuh, pengembangan diversifikasi tempe dihasilkan dari kreativitas dan inovasi perajin sendiri. "Untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah sebagaimana yang diprogram, pemerintah daerah akan terus mendorong perajin," ujarnya. Diungkapkan, agar produk unggulan yang dihasilkan memiliki daya saing tinggi, Pemkot Pekalongan akan terus berupaya meningkatkan kualitas produk maupun sumber daya manusia serta membantu pemasaran. (H79-88)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 24-4-2012)

 


Tidak ada komentar: