Jumat, 16 November 2012

Khotmil Qur’an, Pawai Ta’aruf Dan Pentas Kreatifitas Santri

RAMAIKAN TAHUN BARU ISLAM, PEMKAB GELAR GEBYAR 1 MUHARRAM 

KAJEN- Dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Islam 1434 H, yang tahun ini tepat jatuh pada 15 Nopember 2012, Pemkab Pekalongan bersama BADKO TPQ (Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur’an) dan FKMD (Forum Komunikasi Madrasah Diniyah) Kab. Pekalongan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Diawali dengan melakukan doa bersama menyambut akhir tahun 1433 H dan awal tahun 1434 H di Pendopo Bupati pada tanggal 14 Nopember, tepatnya pada pukul 17.00, disambung esoknya dengan acara khotmil Qur’an  di Masjid Jami Al-Muhtaram hingga pelaksanaan pawai ta’aruf dan pentas kreatifitas santri.



Bupati Pekalongan Drs. H. Antono, M.Si dalam sambutannya di depan tamu undangan pada acara doa bersama menyambut akhir tahun 1433 H dan awal Tahun 1434 H di Pendopo Bupati (14/11) lalu mengemukakan beberapa pandangannya terkait kondisi politik di negri ini dimana banyak terjadi konflik kepentingan terutama antara legislatif dan eksekutif di tingkat nasional. Untuk itu Bupati mengajak semua agar berkomitmen untuk memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. “Kalau ikatan dan komitmen kita adalah ikatan untuk kepentingan umat, maka tidak ada alasan untuk berbeda, karena kalau kebijakan dan pengambilan keputusan didasarkan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat, yang terjadi adalah semangat untuk mencari solusi, “ tegasnya. 

Hal lain yang ditekankan Bupati terutama untuk para Camat adalah pentingnya melakukan komunikasi kepada warganya, karena menurutnya salah satu cirri kepemimpinan yang diterima dan dicintai oleh masyarakat adalah apabila masyarakat mau berkomunikasi dengan pemimpinnya, misalnya saja ketidak engganan masyarakat desa untuk datang ke rumah Kepala Desa/Rumah Dinas Camatnya.

Pada kesempatan yang juga dihadiri oleh jajaran Muspida Kab. Pekalongan serta para ulama ini, Antono mengajak semuanya untuk mempererat gandengan tangan dan merapatkan pola pikir dalam rangka membangun Kabupaten Pekalongan yang lebih baik. “ Tahun kemarin mari kita lepas dengan keikhlasan, dan tahun yang akan datang mari kita songsong dengan harapan dan kerja keras,” ujarnya. Doa bersama ini dipimpin oleh Ketua MUI Kab. Pekalongan KH. Sohibin Mahfudz, serta di ramaikan dengan siraman rohani dari KH. Syam’ani.

Esok harinya bertempat di Masjid Jami Al-Muhtaram, Bupati menghadiri acara Khotmil Qur’an yang dilanjutkan dengan Pawai mobil hias yang diikuti oleh 1625 mobil dari TPQ dan Madin dari seluruh wilayah Kab. Pekalongan. Pawai mengambil rute, Start dari Alun-alun Kajen – Karanganyar – Surobayan- dan finish di halaman Masjid Al- Muhtaram untuk selanjutnya peserta pawai akan dihibur oleh panggung kreatifitas santri yang menghadirkan 20 penampil.

Dalam sambutannya sebelum melepas peserta pawai, Bupati menyatakan mengapresiasi partisipasi dan semangat masyarakat dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam pada hari ini, dan berharap tahun depan penyelenggaraannya akan lebih baik lagi dan mudah-mudahan kegiatan serupa dapat di gelar dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI yaitu pada 17 Agustus. “ Semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk membangun Kab. Pekalongan. Peserta yang sangat banyak juga menunjukkan besarnya antusiasme masyarakat yang sangat luar biasa,“ tegasnya sesaat sebelum melepas bendera start. Karena banyaknya peserta maka pada saat mobil ada yang sudah finish, masih banyak mobil hias yang baru mulai diberangkatkan dari garis start, sungguh sebuah pemandangan yang luar biasa. (dian’s)

Tidak ada komentar: