Kamis, 22 November 2012

Pelantikan 2 Kades

KADES KETITANG KIDUL DAN SUMURJOMBLANGBOGO DILANTIK

KAJEN – Seusai melantik Kades Sangkanjoyo Kecamatan Kajen, pada hari yang sama Bupati Pekalongan Drs. H. A. Antono, M.Si  secara resmi melantik kepala desa terpilih Desa Ketitang Kidul dan Desa Sumurjomblangbogo Kecamatan Bojong. Acara berlangsung di pendopo Kecamatan Bojong, dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti yang merupakan istri Bupati, Asisten Pemerintahan Sekda Drs. H. Yoyon Ustar Hidayat, M.Si, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM H.M. Zaki, S.IP dan beberapa Kepala SKPD, Camat Bojong beserta Muspika dan seluruh Kades se Kecamatan Bojong. Tidak ketinggalan ratusan keluarga dan sanak-saudara dari kedua Kades yang dilantik yang memadati kantor Kecamatan Bojong.

 Kades terpilih Desa Ketitang Kidul Chaer Chamdi akan menjabat untuk periode 2012-2018. Lelaki kelahiran 9 Juli 1976 itu yang semula berprofesi sebagai wirausahawan menggantikan kepala desa sebelumnya Ny. Windradiningrum. Sedangkan Kades terpilih Desa Sumurjomblangbogo Edy Suyitno dengan masa jabatan yang sama menggantikan Ahmad Fadholi, S.Ag. Edy Suyitno merupakan PNS aktif pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Pekalongan. 


Setelah melantik, Bupati Pekalongan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia pemilihan kepala desa dan masyarakat yang telah dengan sukses menyelenggarakan dan berpartisipasi dalam pilkades. “Saat ini sudah tidak ada lagi dukung tidak mendukung salah satu calon Kades, namun yang ada adalah satu kesatuan dalam keluarga di desa dan bagaimana membangun desa ke depan yang lebih baik,” ujar Bupati.

Kepada Kades yang baru saja dilantik, Bupati mengatakan bahwa mulai hari ini telah menjadi seorang pemimpin di desa. Dimana dengan menjadi Kepala Desa, menurutnya dituntut banyak hal, salah satunya adalah keteladanan dalam kehidupan. Keteladanan ini harus nampak dalam sikap perilaku, tidak sebatas ucapan saja. “Teladan dalam berperilaku ini memang tidak gampang, namun saya yakin dengan niat yang kuat akan dapat menjadi contoh, tidak hanya dalam tata kelola pemerintahan namun juga kepada warganya”, ucapnya.

Bupati melanjutkan menjadi kepala desa juga harus banyak belajar. Baik mengenai administrasi pemerintahan maupun tugas yang lain. “Jangan malu belajar kepada senior, camat maupun Bupatinya sekalian. Bangun komunikasi diantara kita. Karena tugas seorang kepala desa sangat luas, antara lain harus bisa memenej para stafnya, mengelola urusan pemerintahan serta melayani urusan warganya. Mulai dari KTP, pajak sampai masalah rumah tangga warga”, tuturnya.

Ditambahkan Bupati, masyarakat yang sekarang memiliki pemimpin baru harus bisa bekerja bersama-sama membangun Desa Ketitang Kidul maupun Desa Sumurjomblangbogo ke arah yang lebih baik. “Saya mohon masyarakat mendukung dan memberikan kesempatan kepada Kades yang baru untuk membangun desanya ke arah yang lebih baik,” pinta Bupati.

Menjelang musim penghujan, dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Pekalongan itu juga mengharapkan kepada semua pihak untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan agar tidak timbul penyakit. “Menghadapi musim penghujan, kadang penyakit muncul dan sampah menumpuk. Untuk itu saya titip jangan sampai menjadi musibah bagi kita semua,” harapnya.

Kepada Camat dan Muspika serta Kepala Dinas Pendidikan, Bupati juga menghimbau agar giat mensosialisasikan ke sekolah-sekolah ataupun masyarakat akan pentingnya berkendera di jalan raya. “Bojong adalah wilayah perlintasan antara Wiradesa ke Kajen hingga ke Banjarnegara. Di wilayah Bojong ini seperti kita ketahui sering terjadi kecelakaan. Untuk itu, saya minta kepada Camat, Muspika dan Kepala Dinas Pendidikan untuk mengkampanyekan patuh tertib lalu lintas di sekolah-sekolah maupun masyarakat,” terang Bupati.

“Saya minta Camat juga menyikapi proses E-KTP. Silahkan dibreakdown ke desa-desa agar seluruh masyarakat yang mempunyai identitas bisa terdaftar. Demikian juga soal pajak, saya minta Camat untuk menghimbau kepada para Kades untuk tidak lupa mengingatkan warganya bahwa saat ini menjelang batas akhir pembayaran pajak,” pinta Bupati mengakhiri sambutannya.

  Sementara itu, Kades baru Desa Ketitang Kidul Chaer Chamdi didampingi Kades Baru Desa Sumurjomblangbogo Edy Suyitno dalam sambutan perdananya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pilkades lalu yang berjalan dengan aman, lancar tanpa halangan apapun.

Kedua Kades tersebut dihadapan Bupati dan seluruh undangan yang hadir berjanji akan melaksanakan amanah yang diembannya sesuai visi dan misi. “Kami mohon bimbingan Bapak Bupati dan Bapak Camat agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan kami juga mohon dukungan dari seluruh masyarakat kami untuk bersama-sama membangun desa ke arah yang lebih baik,” ujarnya.
Acara pelantikan tersebut diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada kedua Kades, secara berurutan mulai Bupati dan istri, dilanjutkan SKPD, Camat dan Muspika serta segenap keluarga besar kedua Kades yang hadir. (di2k)

Tidak ada komentar: