Selasa, 06 November 2012

Walikota Berencana Menggabungkan Belasan Kelurahan Dan Sekolah Dasar

Pekalongan Gabung Belasan Kelurahan dan SD

Metrotvnews.com, Pekalongan: Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berencana menggabung belasan kelurahan dan sekolah dasar. Rencana itu sebagai upaya mengefisiensikan anggaran dan lebih meningkatkan pembangunan infrastruktur di daerah setempat.

"Kami merencanakan proses penggabungan beberapa kelurahan dan sekolah dasar ini akan dilakukan pada 2013. Tujuannya untuk efisiensi anggaran dan meningkatkan kemajuan pembangunan pada masing-masing kelurahan dan SD," kataWali Kota Pekalongan Basyir Achmad, Ahad (4/11).

Menurutnya, penggabungan dilakukan pada 47 kelurahan yang jumlah penduduknya sedikit. Sehingga, Pekalongan hanya memiliki 28 atau 30 kelurahan. Sedangkan SD yang siswanya sedikit digabung dengan SD lain.



Ia mengatakan alasan penggabungan beberapa kelurahan dan sekolah dasar ini, antara lain Pemkot masih kesulitan memenuhi 80 jabatan eselon IV yang kini masih kosong dan menekan anggaran hingga 30 persen.

"Sebagian besar jabatan eselon IV kini dipegang oleh pegawai negeri sipil yang berada di kelurahan sehingga daripada menambah atau mengangkat PNS maka kami melakukan kebijakan ini," katanya.

Ia mengatakan bahwa dengan adanya penggabungan beberapa kelurahan ini maka satu dari empat kecamatan Kota Pekalongan akan menangani enam sampai tujuh kelurahan.



"Saat ini, rencana penggabungan sejumlah kelurahan ini sedang dalam pengkajian. Akan tetapi, penggabungan kelurahan ini kami targetkan selesai 2013," katanya.

Lurah Sampangan, Nanang Kartiwa mengatakan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan terhadap rencana kebijakan wali kota yang akan melakukan penggabungan beberapa kelurahan. (Ant/RRN)

Tidak ada komentar: