Jumat, 30 November 2012

Perpustakaan Baru Di Kelurahan Keputran

Berdayakan Minat Baca, Keputran Bangun Perpustakaan

BARU - Sekretaris Kelurahan Keputran, Murito didampingi dua orang pegawai Kelurahan lainnya saat menunjukkan bangunan perpustakaan baru yang telah selesai dibangun. 

KEPUTRAN - Minat baca yang rendah membuat pihak Kelurahan Keputran berinisiatif membangun Perpustakaan didalamnya. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Kelurahan, Murito didampingi Kasi Trantib, M Zainal Abidin saat ditemui di Kelurahan setempat, Rabu (28/11). 

Kelurahan Keputran sebenarnya telah memiliki dua taman baca RW di wilayahnya, namun hal tersebut dianggapnya masih belum cukup maksimal untuk meningkatkan minat baca warganya sehingga dilakukan penambahan dengan dibangun perpustakaan di Kelurahan. "Kami ingin agar minat baca di wilayah Kelurahan Keputran semakin meningkat. Dengan adanya Perpustakaan diharapkan bisa membantu menambah pengetahuan mereka dan juga mendekatkan warga dengan pihak Kelurahan," katanya. 

 foto ilustrasi

Pembangunan perpustakaan tersebut didapatkan karena Kelurahan Keputran termasuk Kelurahan percontohan SKPD 2012. Sedangkan penganggaran untuk pembuatan perpustakaan didapatkan dari Pemprov Jateng yang kemudian diserahkan dan dikerjakan melalui Kecamatan Pekalongan Timur. "Beberapa waktu kemarin, dilakukan survai oleh Pemprov dan mereka merencanakan untuk membangun Perpustakaan di bagian depan dari Kelurahan Keputran karena untuk memudahkan masyarakat mengakses ke tempat tersebut. Jika ditempatkan di belakang, dikhawatirkan masyarakat akan enggan untuk mengakses ke perpustakaan karena harus melewati ruangan kantor Kelurahan," jelasnya. 

Setelah dibangunnya ruangan untuk perpustakaan ini, rencananya koleksi buku akan segera dikirim dari perpustakaan Pemprov Jateng. Dengan luas 35 meter persegi dan jumlah penduduk yang mencapai 4.442 jiwa, diharapkan keberadaan perpustakaan kelurahan bisa membantu meningkatkan minat baca masyarakat. "Rencananya pada Kamis (29/11) ini bangunan perpustakaan tersebut akan diresmikan oleh pihak dari Kecamatan," tambahnya. (ap15)

 

Tidak ada komentar: