Selasa, 20 November 2012

Sebanyak 32.717 E-KTP Sudah Dibagikan Kepada Warga

32.717 E-KTP Wilayah Pekalongan Sudah Dibagikan ke Warga

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Dari 100.433 Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau E-KTP yang telah dicetak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk wilayah Kota Pekalongan, sebanyak 32.717 E-KTP sudah dibagikan kepada warga.

"Sampai Senin (19/11), kami telah membagikan 32.717 E-KTP kepada warga Kota Pekalongan. Artinya, 33 persen dari E-KTP yang sudah jadi, telah diterima warga Kota Pekalongan," terang Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan Budhy Santosa, di ruang kerjanya, Selasa (20/11).


Menurut dia, pendistribusian E-KTP kepada warga telah dilakukan sejak dua bulan lalu. Namun, pendistribusian E-KTP tercetak mengalami berbagai kendala. Di antaranya terbatasnya alat pembaca E-KTP. "Alatnya terbatas, hanya satu yang difungsikan. Itu pun, masih digunakan untuk enrollment (perekaman data E-KTP)," sambungnya.

Selain itu, lanjut dia, banyak warga yang sudah dijadwalkan melakukan aktivasi E-KTP tidak datang ke kantor kecamatan untuk melakukan aktivasi dan mengambil E-KTP. Dijelaskan dia, sebelum E-KTP diserahkan kepada warga, harus dilakukan verifikasi sidik jari. Sehingga, warga harus datang sendiri, tidak bisa diwakilkan. 

Namun pada pelaksanaannya, banyak warga yang diundang untuk melakukan aktivasi atau verifikasi sidik jari tidak bisa hadir ke kantor kecamatan sesuai jadwal yang ditentukan. Budhy memaparkan, dalam sehari pihaknya mengundang 175 hingga 200 warga di setiap kecamatan untuk melakukan aktivasi E-KTP. Akan tetapi, dari jumlah warga yang diundang tersebut, sekitar 50 hingga 75 warga tidak hadir. Akibatnya, ada sisa E-KTP yang kembali ke kantor Dindukcapil Kota Pekalongan.
( Isnawati / CN32 / JBSM )
sumber

Tidak ada komentar: