Rabu, 18 Maret 2015

Bantuan Tempat Displai

PEKALONGAN – Sebanyak 25 pelaku usaha kecil menengah (UKM) batik menerima bantuan tempat untuk mendisplai batik atau gawangan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Kota Pekalongan.
 
Bantuan diserahkan oleh Wakil Walikota Ahmad Alf Arslan Djunaid dan Kepala Disperindagkop dan UMKM Kota Pekalongan Supriyono, di Aula Disperindagkop dan UMKM Kota Pekalongan, Senin (16/3). Wakil Walikota mengatakan, bantuan tersebut diberikan untuk mendorong pelaku UKM batik agar mengembangkan usahanya.
 
Selain itu, Pemerintah Kota Pekalongan juga memfasilitasi pelaku UKM batik untuk menggelar pameran-pameran. Ada alokasi dana untuk memfasilitasi pelaku UKM batik mengikuti pameran di provinsi, luar provinsi, bahkan luar pulau,” terangnya.
 
Pendampingan
Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UMKM Disperindagkop dan UMKM Kota Pekalongan Edi Harsoyo menjelaskan, bantuan tempat untuk mendisplai batik tersebut merupakan bagian dari Program Pendampingan Pengembangan UMKM di Kota Pekalongan. “tujuannya untuk mendukung dan mendampingi UMKM agar bisa berkembang lebih baik lagi,” terangnya.
 
Menurut dia, bantuan tersebut di alokasikan dari APBD Kota Pekalongan tahun anggaran 2015 sebesar Rp 30 juta. Namun anggaran sebesar Rp 30 juta tidak hanya untuk bantuan alat displai batik saja, tetapi bantuan dalam bentuk lainnya. Harapannya, bantuan alat displai batik tersebut menjadi stimulan sebagai pendorong bagi pelaku UKM batik untuk mengembangkan usahanya.
 
Pelaku UKM batik yang belum punya kios, diharapkan dengan adanya bantuan ini bisa mempunyai kios,” jelasnya. Sejumlah pelaku UKM batik menyambut gembira bantuan tersebut. Mila, pemilik Batik Baroza mengatakan, bantuan tersebut mendorongnya untuk buka cabang. “Gawangan ini akan saya gunakan pada saat saya buka cabang,” terangnya. Usai acara penyerahan, masing-masing pelaku UKM batik membawa pulang gawangan dari kayu tersebut. Sebagian diangkut menggunakan kendaraan bak terbuka. (K30-49)
 
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 18-03-2015)

Tidak ada komentar: