Senin, 16 Maret 2015

Lomba Mancing Dapat Hadiah

Peserta Membludak jadi 1500 Orang, Panitia Tambah Jumlah Ikan

Sepanjang 100 meter saluran irigasi Jalan Raya Lapangan Nasional tepatnya di depan PAY Muhammadiyah Kajen mulai pukul 13.00 tidak seperti hari-hari biasanya. Di tempat tersebut dibanjiri oleh anak-anak, orang dewasa, bahkan ibu-ibu untuk mendapatkan ikan berhadiahkan kulkas, sepeda lipat dan beberapa elektronik lainnya dengan mengikuti mancing.

Lomba dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pekalongan, Siswanto dan dihadiri oleh sejumlah undangan itu yang ditargetkan oleh panitia sekitar 1000 peserta. Ternyata, peserta melibihi target hingga mencapai 1500 peserta.

Karena antuasias masyarakat yang cukup tinggi untuk mengikuti lomba, panitia pun menambahkan ikan yang dilepaskan di arena lomba mancing, menjadi 210 kilogram atau 2,1 kuintal ikan jenis bawal, tawes, mujaer, emas dan nila. Secara simbolis, ikan dilepaskan oleh Kepala Dinporapar Kabupaten Pekalongan. Adapun untuk mendapatkan hadiah berupa kulkas, sepeda lipat, TV dan hadiah menarik lainnya, panitia telah memberi tanda pita merah pada ikan yang dilepaskan di arena lomba mancing.

Sementara peserta yang mendapatkan ikan namun tidak ada tanda, akan menjadi peserta untuk dibawa pulang. Untuk lebih memeriahkan lomba, panitia juga melakukan pengundian bagi-bagi hadiah kepada peserta. Suasana ramai dibawah rindangnya pepohonan membuat peserta makin betah, bahkan tak jarang peserta yang mendapatkan ikan namun jatuh lagi, disoraki oleh rekan-rekan lainnya, hingga membuat lomba makin meriah.

Peserta diantaranya anak-anak,orang dewasa, bahkan ibu-ibu yang memancing dengan saling berhadapan dibatasi air sekira lebar empat meter itu, adapula yang  terlihat tenang dan berdoa supaya bisa mendapatkan ikan.

Selain lomba mancing, PAY Muhammadiyah Kajen bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pekalongan menggelar bakti sosial donor darah di depan kantor PAY. Dengan begitu, sembari memancing masyarakat bisa menyumbangkan darahkan kepada mereka yang sedang membutuhkan. Selain itu, untuk mengguggah para peserta panitia telah menyulap sepanjang saluran itigasi itu dengan bersih dan indah.

“Antusias masyarakat untuk mengikuti lomba macing ini cukup tinggi hingga mencapai 1500 peserta padahal sebelumnya kami hanya menyediakan untuk 1000 peserta. Dengan peserta yang membludak, panitia pun menambahkan ikan di tempat pemancingan 2,1 kuintal,” ungkap Panitia Lomba Mancing PAY Muhammadiyah Kajen, Siswadi.

Apabila batas waktu yang ditentukan sampai pukul 16.00 tidak ada satupun yang mendapatkan ikan yang diberi tanda pita merah atau warna lainnya, maka dilakukan pengundian kupon, yang sebelumnya diberikan kepada peserta ketika pendaftaran.”Apabila sampai batas waktu tidak ada yang mendapatkan ikan maka hadiah akan dilakukan pengundian,” lanjutnya.

Adanya lomba mancing itu, diharapkan masyarakat bisa untuk menjaga saluran irigasi atau sungai supaya tetap bersih, tidak membuang sampah secara sembarangan, karena selain dapat memicu terjadinya banjir, merusak ekosistem. (*)

 

Tidak ada komentar: