Selasa, 17 Maret 2015

Nilai Ekspor Andalan Kota Pekalongan




2014, Ekspor Pekalongan US$ 26,6 Juta

Pekalongan - Ekspor sejumlah produk komoditas andalan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, selama 2014 menghasilkan devisa sebesar US$ 26,6 juta, kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kota Pekalongan, Supriono.

"Adapun sejumlah negara yang menjadi tujuan ekspor, antara lain Afrika, Asia, dan Eropa," katanya di Pekalongan, Selasa (17/3).

Menurut dia, tujuh komoditas andalan tersebut adalah sarung tenun, batik, garmen, benang, ikan kaleng, mi instan, dan cangkang kepiting kering.

Untuk negara di Afrika, kata dia, biasanya mengekspor ikan kaleng, sedangkan sarung dengan tujuan ke Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Ia mengatakan meski nilai ekspor sudah mencapai relatif besar tetapi produk industri masih diekspor melalui pihak ketiga.

"Selama ini, banyak produk hasil pengusaha kita yang sampai di luar negeri. Akan tetapi produk itu sudah tidak lagi berlabel Pekalongan karena pengusaha masih menggunakan pihak ketiga, bukan mengekspor secara langsung," katanya.

Ia mengatakan sejumlah faktor yang memengaruhi para pengusaha enggan melakukan ekspor langsung karena mereka belum memahami mekanisme dan proses ekspor.

"Akibat tidak memahami masalah ekspor, para pengusaha takut akan risiko yang dapat muncul dengan produk komoditas yang diekspor," katanya.

Penulis: /PCN

Sumber:Antara

 

Tidak ada komentar: