Rabu, 11 Maret 2015

Dindukcapil Kota Pekalongan siapkan basis data pemilih per wilayah

Dindukcapil Kota Pekalongan Siapkan Data Pemilih Pilkada 2015

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan menyiapkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan yang akan dilaksanakan pada Desember nanti.

Kepala Dindukcapil Kota Pekalongan Kustiati Sri Mulyani mengatakan, berdasarkan rapat koordinasi bersama  Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah, 5 Maret lalu, DAK2 dan DP4 bersumber dari Dindukcapil yang telah dikonsolidasikan dan divalidasi Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Validasi tersebut, kata dia, dilaksanakan dua kali. Yakni pada 30 Juli dan 31 Desember. “Untuk Kota Pekalongan, data mengacu pada data penduduk semester II tahun 2014. Jumlahnya 298.595 jiwa,” katanya, Rabu (11/3).

Data tersebut nantinya akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan untuk dijadikan basis data pemilih per wilayah untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan mendatang. Penyerahan DP4 dan DAK2 tersebut, lanjut dia, akan diserahkan kepada KPU secara serentak bersama 21 kabupaten/ kota di Jawa Tengah yang akan melaksanakan Pilkada pada tahun 2015.

Saat ini pihaknya masih menunggu surat perintah dari Ditjen Dukcapil Kemendagri. “Kalau sudah ada surat perintah dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri untuk menyerahkan DAK2 dan DP4, nanti akan kami serahkan ke KPU,” sambungnya.
DP4 berisi nama, alamat, tanggal lahir dan nomor induk kependudukan atau NIK.

(Isnawati / CN26 / SM Network)

 


Tidak ada komentar: