Kamis, 05 Maret 2015

Sosialisasi Transmigrasi ke Luar Jawa dibuka

Tingkatkan Taraf Hidup
 
PEKALONGAN – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Pekalongan mulai melakukan sosialisasi dan menjaring calon transmigran untuk diberangkatkan pada akhir 2015 ini. Sejauh ini sudah ada empat keluarga yang telah mendaftarkan diri sebagai calon transmigran.
 
Kasi Transmigrasi Peluasan dan Pengembangan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans, Haryuning mengatakan, sosialisasi terus dilakukan sejak awal tahun mulai dari tingkat kelurahan. Dari hasil sosialisasi, hingga kemarin, sudah ada empat keluarga yang mendaftarkan diri untuk diberangkatkan ke Sumatera (1 keluarga), Kalimantan (2 keluarga), dan Sulawesi (1 keluarga). Mereka yang mendaftar berasal dari kelurahan Noyontaansari dan Kelurahan Tirto.
 
Dijelaskan Haryuning, dari jumlah tersebut dimungkinkan akan terus bertambah karena tidak ada pembatasan jumlah transmigran. Namun jumlah pasti yang akan diberangkatkan menunggu Surat Persetujuan Pemberangkatan (SPP) dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. “Tahun ini kami belum tahu mendapat kuota berapa. Meskipun untuk jumlah pendaftar tidak dibatasi, kami tetap mengacu kebutuhan yang ditetapkan oleh Pemprov,” katanya, Selasa (3/3)
 
Daerah Tujuan
Menurut Haryuning, sosialisasi penting dilakukan untuk memberikan motivasi kepda calon transmigran dalam upaya meningkatkan taraf hidupnya. Ada beberapa hak-hak yang akan diperoleh oleh transmigran jika nanti diberangkatkan. Di antaranya yakni mencapatkan tempat tinggal, lahan pekarang, lahan usaha, mendapatkan jaminan hidup, mendapatkan pembimbingan dan pelatihan dalam mengembangkan usaha, dan bimbingan dan pelayanan sosial kemasyarakatan.
 
Ditambahkan Haryuning, pihaknya menargetkan pada 2015 ini bisa memberangkatkan 10 keluarga. Terkait dengan kepastian daerah tujuan transmigrasi dan kuota, pihaknya masih harus menunggu keputusan dari hasil rapat koordinasi dan evaluasi dengan provinsi. Sementara pada 2014 lalu, pihaknya hanya mendapatkan kuota untuk empat keluarga yang sudah diberangkatkan. (enn74)
 
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 04-03-2015)

Tidak ada komentar: