Kamis, 12 Maret 2015

Porseni Mi Tingkat Kota Pekalongan

Porseni MI 2015 Kota Pekalongan Siap Digelar

PEKALONGAN – Porseni MI Tahun 2015 Kota Pekalongan yang dijadwalkan pada 16-19 Maret mendatang siap digelar. Panitia, koordinator dan pengawas Porseni MI 2015 pada Rabu (11/3) menggelar Technical Meeting Pelaksanaan Porseni MI 2015.

Diungkapkan Ketua Pelaksana Porseni MI 2015, Suroso SPdI, technical meeting tersebut disamping membagikan nomor peserta lomba, juga membahas tentang penjelasan teknis lomba. Acara dihadiri perwakilan dari 47 MI Se-Kota Pekalongan yang akan maju mengikuti Porseni.

“Jadi teknis pelaksanaan lomba masing-masing cabang itu yang mau disampaikan hari ini. Supaya nanti dalam lombanya mereka memahami tekniknya biar tidak salah sasaran,” ungkapnya.

Terkait persiapannya, Suroso menuturkan pihaknya telah mempersiapkan sejak dua bulan sebelumnya. Persiapan untuk seluruh panitia telah dilaksanakan sejak Januari. Sedangkan pada Februari lalu pihaknya telah memberitahukan seluruh Madrasah se-Kota Pekalongan untuk mengadakan seleksi para siswanya sebagai wakil madrasah. “Harapannya kedepan mudah-mudahan anak kita khususnya di Kota Pekalongan bisa berhasil sampai ke tingkat nasional,” ujarnya.

Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kota Pekalongan, Drs Ahmad Syakur, menuturkan seleksi telah dilaksanakan sebelumnya di masing-masing madrasah.

“Karena MI di Kota Pekalongan jumlahnya 47, sehingga dari masing-masing MI langsung mengirimkan peserta lomba kemudian seleksinya langsung ke tingkat Kota. Tidak ada tingkat Kecamatan,” tuturnya.

Ditambahkannya kegiatan porseni ini rutin diadakan setahun sekali. Untuk para siswa yang berhasil meraih juara pada porseni mendatang, selanjutnya akan dipersiapkan untuk maju ke tingkat Provinsi.

“Lomba tingkat Provinsi jenisnya ada dua macam. Pertama namanya Porsema, yang mengadakan Lembaga Pendidikan Maarif tingkat Jawa Tengah. Yang kedua Aksioma dan KSM itu yang mengadakan Kemenag,” paparnya.

Kalau Porsema akan digelar pada bulan Mei mendatang, AKsioma dan KSM akan digelar pada bulan Agustus.

Ahmad juga menuturkan, Porseni kali ini adalah murni gotong royong dari semua MI secara mandiri. Tidak ada bantuan dari Pemerintah Kota maupun Kemenag. Pengawas MI Kementrian Agama Kota Pekalongan Ali Suparman SAg MPd juga menambahkan Porseni kota pekalongan merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Kemenag Kota Pekalongan dan dilaksanakan oleh KKMI. “Artinya kita itu tidak berhenti dalam kegiatan yang diselenggarakan sekolah saja. Tapi secara luas juga diadakan ajang tersendiri. Juga kami atas nama dari Kementrian Agama mengharapkan tentunya dengan kegiatan yang melibatkan banyak personil, biayanya besar itu akan diperoleh kader-kader olahraga maupun kesenian,” katanya. (ap11)

 

Tidak ada komentar: