Minggu, 08 Maret 2015

Drainase Kampung Tanggung Jawab Warga

KOTA – Pemkot Pekalongan, berencana akan membuat Perwal untuk memberikan tanggung jawab pengelolaan drainase perkampungan kepada masyarakat. Setiap warga, akan diberikan tanggung jawab untuk mengelola kebersihan drainase yang ada di depan rumahnya masing-masing.
 
Hal itu disampaikan Walikota Pekalongan, dr HM Basyir Ahmad usai kegiatan Sepeda Sehat K3, Jumat (6/3). Dikatakan Walikota, langkah demikian dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi banjir yang terjadi akibat kondisi drainase yang buruk. “Tampaknya perlu Perwal yang mengatur bahwa warga harus bertanggung jawab atas drainase yang ada di muka (rumah)nya. Karena selama ini masyarakat masih masa bodoh,” kata Walkot. Dirinya melanjutkan, sikap masa bodoh masyarakat bukan hanya tidak perduli terhadap kebersihan drainase di depannya. Tapi juga justru menutup drainase untuk kepentingan pribadi. “Banyak drainase yang di tutup dengan dek (beton), untuk mobilnya lewat. Padahal jika akan buat seperti itu ada batasnya, hanya enam meter,” imbuhnya.
 
Namun menurut Walikota, yang terjadi justru drainase ditutup total untuk kepentingan masyarakat, dan mereka tidak mau membersihkan sampah yang ada di bawah. Akibatnya, kondisi drainase buruk dan setiap turun hujan pasti terjadi genangan air karena aliran tidak lancar.
 
Jadi kami ingin kedepan setiap rumah tanggung jawab drainase di depannya, itu kan enteng. Misalnya saya di jalan Agus Salim, haru tanggung jawab drainase di depan rumah saya sendiri sepanjang 20 meter misalnya. Jadi tidak boleh sembarang menutup dan harus diberihkan,” beber dia lagi. Pelimpahan tanggung jawa drainase kepada masyarakat, lanjut Walikota, hanya sebatas pada tanggung jawab kebersihan semata. Sedangkan untuk pembangunan dan perbaikan, tetap akan menjadi tanggung jawab Pemkot Pekalongan.
 
Agar fungsi drainase maksimum seperti itu. Hal ini juga sesuai arahan Pak Wapres untuk nanti ke depan masyarakat ikut bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya,” pungkas Walikota (nul).
 
(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 07-03-2015)

Tidak ada komentar: