Rabu, 28 Agustus 2013

Bus Jamaah Haji Diuji

Biar Tidak Celaka, Bus Jamaah Haji Diuji Laik Jalan

DINAS Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan (Dishubparbud), berencana menggelar uji laik jalan terhadap bus pengangkut jamaah haji yang akan berangkat 9 September. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Kasi Pengendalian Operasi Lalu Lintas pada Dishubparbud Henri Rudin menjelaskan, banyaknya kejadian kecelakaan yang menimpa bus saat membawa rombongan penumpang, perlu dijadikan pembelajaran. 

Sehingga, pihaknya akan lebih berhati-hati dan melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap bus yang dicarter untuk membawa jamaah haji hingga ke Donohudan, Solo. "Saat ini tengah kami merencanakan untuk melakukan pengujian. rencananya, uji laik jalan akan kami lakukan sore hari sebelum berangkat esok harinya," ucap Henri. Ada tujuh bus pemberangkatan yang akan diperiksa oleh petugas Dishubparbud, seperti sistem gas, sistem pengereman dan lampu. Selain itu, pihak Dishub juga mengutamakan bus yang dilengkapi toilet, mengingat perjalanan yang panjang, dan dikejar waktu pemberangkatan pesawat.

Rombongan jamaah haji direncanakan berangkat pada 9 September mendatang dari halaman Setda Pekalongan. Direncanakan, rombongan jamaah haji harus sudah berkumpul pukul 21.00 WIB, dan berangkat menuju Donohudan pukul 21.30. Setelah transit sholat subuh di Boyolali, diperkirakan rombongan sampai di Donohudan tanggal 10 September pukul 8 pagi.

Mengantisipasi terjadinya keterlambatan yang disebabkan baik oleh jamaah haji sendiri maupun kondisi di sektarnya, Dishub bersama Satlantas Polres Pekalongan Kota juga akan melakukan penataan serta pengawalan rombongan sampai ke lokasi. Penataan akan dilakukan di kawasan jalan majapahit, diantaranya untuk kendaraan yang masuk dari arah timur dan utara akan diarahkan lewat jalan wilis dan bisa parkir di lapangan sebelah Setda. (nul)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 26-08-2013)

 

Tidak ada komentar: