Senin, 26 Agustus 2013

Komunitas di Pekalongan dan sekitarnya bisa saling bersinergi

Komunitas Kreatif Bersinergi Perkuat Daya Saing Daerah

TEGALREJO - Berbagai komunitas kreatif yang ada di Kota Pekalongan dan sekitarnya menggelar kegiatan halal bi halal dan silaturahmi yang diadakan di Kantor Radar Pekalongan, Kamis (22/8). Kegiatan yang merupakan salah satu bentuk kelas diskusi dari Akademi Berbagai (Akber) Pekalongan dan mengambil tema Community Development (Pengembangan Komunitas). 

Itu sekaligus turut ambil bagian mewujudkan keberadaan Kota Pekalongan dan sekitarnya untuk menjadi daerah yang memiliki daya saing tinggi dengan daerah-daerah lainnya. Korlap kegiatan Community Development, Pratama Puji Widiyanto mengatakan dalam kegiatan tersebut mereka menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan. Hal ini sebagai bagian dari adanya upaya Diskominfo Kota Pekalongan yang berusaha untuk menjadikan Kota Batik memiliki peningkatan dalam hal Sistem Informasi Daerah (SIDa).

Kegiatan ini merupakan gathering komunitas, silaturahmi dan ajang bagi pengembangan masing-masing komunitas yang ada di Kota Pekalongan dan sekitarnya. Beberapa komunitas yang hadir seperti Pagi Berbagi, Forum Kota Hijau, Komunitas Biji, USK Pekalongan, Komunitas Pecinta Film, Android Kalong, Pekalongan Peduli (Kabupaten Pekalongan) dan Batang berkebun. 

"Kami ingin agar komunitas-komunitas yang ada di Pekalongan dan sekitarnya bisa saling bersinergi agar dapat berkembang bersama. Selain itu, kita juga bisa mengadakan sebuah kolaborasi dalam kegiatan tertentu," bebernya. Bahkan rencananya, pada awal Oktober mendatang, komunitas-komunitas tersebut akan mendapatkan stand pada kegiatan Pameran Inovasi Daerah yang diselenggarakan oleh Diskominfo.

"Ini merupakan kegiatan yang bisa memberikan pencerahan atau motivasi kepada komunitas-komunitas dalam mengekspresikan kreatifitas yang dimilikinya. Kami juga rencananya akan diberikan stand dalam kegiatan Pameran Inovasi Daerah pada awal Oktober nanti," jelasnya. 

Pada kesempatan lain, Kabid Inovasi Daerah pada Diskominfo Kota Pekalongan, Iskandar SH MHum menjelaskan bahwa untuk mewujudkan SIDa, sebuah daerah memiliki ciri-ciri yang khas dan sama yaitu adanya best practices. Best Practices tersebut terwujud antara lain dengan adanya pengembangan kerja umum inovasi, penguatan daya saing kelembagaan dan absorbsi Iptek serta penguatan jaringan kolabirasi inovasi, (yog)
(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 23-08-2013)

 

Tidak ada komentar: