Kamis, 29 Agustus 2013

Dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

ITS, Terbanyak Terima Dana Program Kreativitas Mahasiswa 

Metrotvnews.com, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menerima dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

"Tahun ini ITS menjadi perguruan tinggi yang terbanyak jumlah PKM yang didanai oleh Dikti," kata Kepala Pusat Pembinaan Aktivitas Mahasiswa ITS Drs Bandung Arry Sanjoyo MIKomp di Surabaya, Jumat (22/2).

Ia menjelaskan 551 proposal PKM dari ITS telah disetujui Dikti untuk mendapatkan pendanaan sebelum dinyatakan lolos ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

"Jumlah tersebut mengungguli dari UGM (450), Universitas Brawijaya (389), Universitas Negeri Semarang (365), dan IPB (351)," katanya. Ke-551 proposal PKM ITS tersebut terdiri dari 159 PKMK (Kewirausahaan), 144 PKMP (Penelitian), 165 PKMKC (Karsa Cipta), 5  PKMM (Pengabdian Masyarakat), dan 27 PKMT (Penerapan Teknologi).

"Ini merupakan kali pertama ITS menempati posisi terbanyak yang didanai dan perkembangan ini menjadi sangat bagus bagi ITS," kata dosen Jurusan Matematika ITS itu.

Data Kemdikbud mencatat total PKM yang didanai Dikti dari seluruh universitas tahun 2013 sebanyak 7.024 proposal dari sekitar 32.000 proposal yang diajukan.

Jumlah proposal yang disetujui untuk didanai tersebut merupakan bagian dari 1.425 proposal PKM yang diajukan oleh para mahasiswa ITS sebelumnya.

Tahun lalu, jumlah proposal PKM dari ITS yang didanai sebanyak 590 PKM dan berhasil lolos ke Pimnas sebanyak 41 PKM, namun peringkat ITS saat itu hanya menempati posisi kedua setelah UGM.

"Untuk tahun ini, target yang bisa lolos Pimnas juga agak turun dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 40 PKM. Kami cukup menargetkan 40 PKM untuk lolos ke Pimnas, tapi harapan kami bisa meraih peringkat pertama di Pimnas," katanya.

Bila tahun lalu, pendanaan yang diberikan Dikti maksimal Rp10 juta per PKM, maka untuk tahun ini diusulkan bisa maksimal Rp12 juta per PKM, namun hingga saat ini masih belum ada keputusan.

Sedangkan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diusulkan mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ada 285 judul yang disetujui Direktorat Pendidikan Tinggi Kemdikbud. Tahun ini ada 285 judul proposal PKM yang didanai Dikti dari 917 judul yang dikirimkan mahasiswa Unair. Jadi, ada 31 persen yang disetujui untuk didanai. (Antara/Agt)

Tidak ada komentar: