Selasa, 22 Mei 2012

16 Seniman Pekalongan Tampil di TMII


DUTA seni asal Kota Pekalongan akan Menampilkan Sendratari Legenda Keris Kethip Empu Suratman, Minggu besok (13/5) di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Rombongan Duta Seni berjumlah 16 orang penari. Mereka merupakan Kolaborasi pelajar, mahasiswa dan kesenian karawitan Bidang Pariwisata Kebudayaan, Laras Wisata. Sebelum berangkat ke Jakarta, Jumat (11/5), mereka menggelar tasyakuran, doa bersama serta gladi bersih, guna mendapatkan penampilan yang baik.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Beno Heritriono SH Msi mengatakan, bahwa duta seni sudah melakukan persiapan matang untuk menyuguhkan hiburan menarik Besok pagi sudah mulai berangkat ke Jakarta. Sampai disana pasti malam hari, sehingga duta seni langsung istirahat untuk kemudian Minggu bisa memberikan penampilan terbaik,” ucapnya. Kepala Dishubparbud, Drs R Doyo Budi Wibowo menyebutkan, jika Sendratari legenda Keris Kethip Empu Suratman disutradarai Tri Anggoro, yang merupakan mantan pegawai Bidang Pariwisata dan Kebudayaan. “Meski Sudah pensiun, Pak Tri Anggoro selama ini masih berperan aktif di bidang Pariwisata, dan menghasilkan karya-karya yang bagus untuk ditampilkan dalam berbagai kesempatan seperti Sendratari Legenda Keris Kethip Empu Suratman ini,” tandasnya.

Dengan Munculnya seniman-seniman baru, Doyo berharap, bisa menjadi aset bagi Kota Pekalongan untuk meningkatkan kunjungan wisata pada akhirnya nanti. Semoga saja hal ini dimanfaatkan untuk menarik minat wisatawan domestik maupun luar negeri, sehingga berdatangan ke Kota Pekalongan, imbuhnya. Sutradara Sendratari, Tri Anggoro menambahkan, dalam sendratari menceritakan tentang aktifitas di Desa Gambaran, tentang riwayat Empu Suratman dan pemimpin tempat tersebut pada waktu itu yakni Dewi Wulan Tumanggal.
(ap15)
(Sumber; Radar Pekalongan, 12-05-2012)& sumber lain

Tidak ada komentar: