Senin, 28 Mei 2012

Pemkot Pekalongan akan bangun tiga jembatan

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR: Pemkot Pekalongan akan bangun tiga jembatan

PEKALONGAN: Pemerintah Kota Pekalongan, tahun anggaran 2012 memprogramkan perbaikan tiga jembatan yang kini kondisinya sudah rusak.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekalongan, Joko Purnomo di Pekalongan, Minggu mengatakan sebanyak tiga jembatan tersebut, yaitu jembatan di Jalan Otto Iskandardinata, Kelurahan Sokorejo, jembatan di Jalan Samanhudi, Pasirsari, dan Jembatan Sikembang.

“Perbaikan jembatan di Jalan Otto Iskandardinata telah dialokasikan anggaran sebesar Rp583 juta, jembatan di Jalan Samanhudi Rp120 juta, dan Jembatan Sikembang Rp300 juta. Semua dana perbaikan jembatan itu dialokasikan melalui APBD 2012,” katanya tadi.

Menurut dia, proses perbaikan jembatan tiga itu, kini masih pada tahap lelang dengan melalui sistem electronic procurement (E-proc).



“Kami perkirakan awal Juni 2012 surat perintah kerja (SPK) sudah terbit sehingga proyek perbaikan jembatan itu bisa secepatnya dikerjakan,” katanya.

Ia mengatakan bahwa sebanyak dua dari tiga jembatan yang rusak tersebut akibat terlalu kelebihan beban dan lainnya karena faktor usia bangunan.

“Untuk Jembatan Sikembang, selain akan kami perbaiki juga akan diperlebar luas jembatan itu agar bisa dilintasi dua kendaraan dari kedua arah,” katanya.

Selain itu, pada pondasi jembatan di Jalan Samanhudi, Kecamatan Pekalongan Barat, yang kini banyak ditumbuhi enceng gondok, katanya, juga akan ditinggikan agar aliran air sungai tetap lancar.
“Kami memperkirakan ketiga jembatan tersebut akan selesai dikerjakan hingga Oktober mendatang,” katanya. (ANT)
sumber:www.bisnis-jateng.com

Tidak ada komentar: