Minggu, 20 Mei 2012

Atasi Banjir di Pekalongan, 42 Bangunan Akan Direlokasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan terus berupaya mengantisipasi banjir, salah satunya dengan melakukan normalisasi saluran air. 

Sebanyak 42 bangunan di atas saluran air di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara akan direlokasi untuk mengatasi banjir di wilayah itu. Lurah Panjang Wetan Nur Ahmad Ihsan menjelaskan, 42 bangunan yang akan direlokasi tersebut berada di atas saluran air di Jalan Yos Sudarso dan saluran air di Jalan WR Supratman. “Bangunan yang akan direlokasi itu sebagian kios atau warung milik warga, sebagian tempat tinggal,” terang dia, Jumat (18/5). 

Menurut dia, pihaknya telah menyosialisasikan rencana normalisasi saluran air di Kelurahan Panjang Wetan kepada warga yang membangun kios maupun tempat tinggal di atas saluran air tersebut. “Semua bangunan yang ada di atas saluran air akan direlokasi. Karena Pemkot Pekalongan akan melakukan normalisasi saluran air tersebut,” sambungnya. 

Namun, kapan normalisasi saluran air di Kelurahan Panjang Wetan akan dilaksanakan, Nur Ahmad mengatakan belum mengetahui lebih detail terkait rencana normalisasi saluran air di wilayah kerjanya. “Belum tahu. Kami baru sebatas melakukan sosialisasi,” tambahnya. 

Sebelumnya, Pemkot Pekalongan merelokasi 30 bangunan yang dibangun di atas saluran air di Kelurahan Kramatsari, Kecamatan Pekalongan Barat. Warga yang tinggal di atas saluran tersebut menerima uang tali asih sebesar Rp 7,5 juta. Pada saat menyerahkan uang tali asih kepada warga, Wali Kota M Basyir Ahmad mengatakan, Pemkot Pekalongan akan menertibkan bangunan-bangunan di semua bantaran sungai yang ada di Kota Pekalongan. Banyaknya bangunan yang ada di bantaran menyebabkan pembuangan air tidak lancar sehingga menyebabkan banjir.
sumber:www.persip.net

Tidak ada komentar: