Kamis, 01 Agustus 2013

Pemudik bersepeda motor dapat perhatian

Pemudik Bersepeda Motor Mendapat Perhatian Khusus Pemerintah 

Semarang, Antara Jateng - Pemerintah Pusat menyediakan beberapa angkutan khusus untuk mengangkut pemudik bersepeda motor sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dan upaya menekan angka kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2013.

"Ada empat cara untuk mengangkut para pemudik bersepeda motor yakni diangkut dengan kapal TNI Angkatan Laut, kapal Pelni, dan kapal Ferry, kemudian diangkut dengan kombinasi antara bus dan truk, serta dengan kereta api yang pemilik motornya harus mempunyai tiket," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Semarang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Wamenhub usai memimpin apel siaga posko terpadu Lebaran di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah yang diikuti sejumlah instansi terkait.

Wamenhub menjelaskan, dengan cara-cara pengangkutan tersebut, maka pemudik bersepeda motor yang bisa diangkut diperkirakan sebanyak 30 ribu orang dari total pemudik bermotor yang mencapai 3 juta orang.
Saat ditanya di jalur mudik mana saja yang mendapat perhatian khusus pemerintah, Wamenhub mengatakan semua daerah akan diperhatikan.

"Kita mempunyai hasil evaluasi dari tahun lalu terkait dengan titik-titik rawan kemacetan dan rawan bencana sehingga bisa kita atasi saat ini," ujarnya didampingi Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan Wakil Gubernur Rustriningsih.

Mengenai solusi jangka panjang untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan arus mudik dan arus balik pada tiap tahun, Wamenhub menjelaskan bahwa pemerintah akan dan terus berusaha meningkatkan kualitas angkutan umum.

 

Tidak ada komentar: