Senin, 18 Juni 2012

229 Warga meriahkan Karnaval Batik

Pekalongan, Info Publik - sebanyak 229 orang peserta memeriahkan acaraKarnaval Batik yang diselenggarakan Dinas Perhubungan dan pariwisata (Dishubpar) Kota pekalongan Minggu (17/6) di sekitar Area Jalan Jetayu. Ribuan penonton memadati dan menyambut antusias acara yang merupakan rangkaian dari Pameran Inovasi dan teknologi tersebut. 



Kepala Dishubparbud Pekalongan, Drs R Doyo Budi Wibowo MM mengatakan bahwa kegiatan Karnaval Batik ini merupakan sebuah awal dari usaha untuk menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kegiatan ini sendiri terinspirasi dari Solo Batik Carnival (SBC). 



Adapun jumlah peserta sebanyak 229 orang yang berasal dari tingkatan SD, SMP dan SMA/SMK/Umum. Masing-masing peserta membuat kostum Carnival Batik dengan tema flora dan fauna. "Para peserta diminta untuk mengenakan kostum dengan bahan yang ramah lingkungan seperti dedaunan, ranting pohon maupun bunga," katanya. 



Meskipun terinspirasi dari SBC namun ada perbedaan dengan penyelenggaraan di Kota Pekalongan ini. Peserta tidak diperbolehkan menggunakan kain printing bermotif batik.  

Penilaian yang melibatkan pakar batik, pemerhati keserasian, designer ini juga melibatkan dari kota lain seperti Salatiga dan Jakarta.Bagi peserta yang diketahui mengenakan kain printing bermotif batik maka langsung dianggap gugur. "Apabila kostum-kostum ini dinilai layak sebagai kostum kreasi Carnival Batik maka akan diikutkan dalam parade Pekan Batik Nusantara (PBN) Oktober mendatang. Apabila belum memenuhi kriteria maka direncanakan akan menggelar lagi kegiatan serupa dengan tema lain," imbuhnya. 


 
Diharapkan pada saat parade PBN 2012 nanti akan banyak peserta yang tampil untuk unjuk gigi dengan menampilkan gaun Carnival Batik dihadapan masyarakat dan pengunjung yang hadir nantinya. "Rencananya kami juga akan mengundang personel SBC dari Solo untuk turut tampil dalam parade sehingga bisa memberikan wacana masyarakat Kota Pekalongan dalam berkreasi kostum carnival," tandasnya.
 
Setelah dilakukan penilaian dewan juri,  Eva Liana, peserta dari Batik Qonita terpilih sebagai juara satu. Juara kedua untuk kategori SMA/SMK/Umum juga kembali diraih oleh Batik Qonita atas nama Ajeng diikuti dengan juara ketiga Lia Pasiska dari Batik Hani. Sedangkan juara favorit berasal dari Batik Axelia yang diraih oleh Azka Fairus.
 
Untuk tingkat SD, juara pertama diraih oleh Engelina Aiyossola dari SD Panjang Wetan (PW) 01, kemudian diikuti Lutfia Jamlikal dari SD PW 02 sebagai juara kedua dan Maria Gratia Pertiwi meraih juara ketiga dari SD Pius.
 
Sedangkan tingkat SMP, keseluruhan diraih oleh SMP Islam yang berturut-turut dari juara pertama adalah Tahta Fortuna, diikuti juara kedua Allawiya Lulla dan terakhir juara ketiga diperoleh Sharfina. (MC /Humas & Protokol/AN Takari)
sumber:www.pekalongankota.go.id

Tidak ada komentar: